Bagian Atas Rumah Bangunan

Friday, September 15th 2017. | Bisnis

Dinding

Dalam keseharian biasanya, terkadang kita sebut dinding dengan sebutan tembok. Dinding maupun tembok ini ialah bagian atas dari sebuah bangunan yg posisinya seusai batang sloof.

Melihat perannya, dinding berguna sbg penutup part interior untuk bangunan. Dinding pun bermanfaat sebagai partisi ruangan pada bangunan & tak lupa dinding juga berperan dalam seni keindahan bangunan.

Bila dinding posisinya tepat di bagian tengah-tengah bangunan, dinding pun dapat berperan buat menahan bobot bangunan bagian atas.

Bila kita amati berdasarkan bahan pembuatnya, dinding dibagi kedalam 3 tipe yaitu dinding tradisional (bahan alam murni seperti: bambu & kayu), semipermanen (bahan kombinasi modern & tradisional), & terbaru maupun beton dan besi unp 100.

Ring Kolom & Batang

Bila kamu amati antar tiap dinding yg berbeda terdapat part semisal tiang. Part tersebut dinamai dengan ring batangan maupun kolom. Ring batangan ini berfungsi sebagai penyokong dari bangunan tepatnya atap bangunan & dapat menghimpun instalasi-instalasi dinding yg berbeda-beda agar bangunan gak roboh.

Ring batang tersusun dari bermacam elemen semisal beton, besi besi baja tulangan, besi wf 200 serta bekisting batang ring. Ring batang maupun kolom letaknya tepat di atas batang sloof.

Di tiap bangunan bakal acap ada ring batang maupun kolom. Tapi biasanya ring batang utama bersize 20/20 dengan jarak antar tiap ring batang mengcover 3,5meter.

Bila jarak antar ring batang makin kecil dari 3,5meter maka disebut ring batang praktis yg mana sizenya cuman 15/15.

Ventilasi

Inilah saluran tempat masuk & keluarnya udara dari eksterior rumah. yg dimaksud dengan ventilasi ini ialah jendela, pintu, maupun lubang udara yg terdapat pada dinding bangunan.

Batangan Latei

Perhatikan part yg terdapat di atas pintu maupun jendela. Di sana terdapat batang latei (lintel) yg berfungsi sebagai menahan bobot part atap bangunan agar bobot bangunan pada kusen dapat diminimalisir. Keberadaan batang latei, kusen dapat tegap kokoh serta gak berpotensi bending atau patah. Perani batang latei yg amat krusial ialah buat melindungi agar kusen tetap berdiri kokoh walaupun misalnya terjadi gempa.

Kuda-Kuda (Rangka Atap)

Kuda-kuda maupun rangka atap bermanfaat buat menanggung rangkaian atap mulai dari genteng sampai dengan reng supaya tetap solid dan ajeg di tempatnya. Pada biasanya rangka atap tersusun dari bahan kayu. Namun, saat ini telah avalable rangka atap yg tersusun dari besi baja ringan yg mempunyai keunggulan serta minus masing-masing.

Atap

Bila suatu bangunan diamati dari luar, bakal ketauan part atap yg posisinya paling atas dari bangunan. Bila dilihat dari fungsi dasarnya, atap pada sebuah bangunan berperan buat melindungi seluruh part interior atau bagian dalam dari bangunan terhadap cuaca semisal hujan, panas, angin badai, salju, dsb.

Bukan itu saja, atap pun bermanfaat sebagai protektor part privasi dari suatu bangunan. Sekarang desain atap suatu bangunan pun akan menentukan tampilan suatu bangunan.