Tipe – Tipe Home Care Sesuai Dengan Kebutuhan

Tuesday, November 10th 2020. | Kesehatan

Terdapat banyak sekali pilihan tipe home care diluar sana yang tersedia untuk membantu orang – orang yang membutuhkan bantuan khusus untuk menjalani kehidupan mereka sehari – hari dengan lancar. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan menjelaskan mengenai tipe – tipe home care yang tersedia, sehingga nantinya anda dapat memilih tipe mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Simaklah penjelasannya berikut ini :

Apa Itu Home Care ?

home care

Sebelum membahas mengenai tipe – tipe home care, ada baiknya jika kita memahami terlebih dahulu apa itu home care. Home care atau yang bisa juga disebut dengan perawatan dirumah, adalah ketika staf perawatan melakukan perawatan di rumah orang yang membutuhkan perawatan tersebut. Biasanya hal ini diatur oleh dewan lokal atau agensi privat penyedia jasa home care.

Home care merupakan pilihan yang tepat bagi orang yang ingin tetap tinggal di rumahnya sendiri tetapi membutuhkan bantuan orang lain untuk dapat menjalani kehidupannya sehari – hari. Orang – orang yang membutuhkan bantuan ini contohnya saja lansia, orang dengan disabilitas, dan orang yang sedang sakit atau dalam masa pemulihan. Perawat home care yang bekerja pada bidang ini pun tidak boleh sembarangan dipilih. Perawat home care harus memiliki dasar pendidikan kesehatan yang jelas. Hal ini karena perawatan home care memerlukan pengetahuan khusus mengenai cara perawatan kesehatan yang benar di rumah.

Tipe – Tipe Home Care

Apabila anda tertarik untuk menggunakan home care atau membutuhkannya untuk kebutuhan orang – orang tercinta anda, anda pertama – tama perlu terlebih dahulu mengidentifikasi jenis perawatan home care apa yang anda butuhkan. Terdapat beberapa tipe home care yang dapat anda pilih tergantung pada kebutuhan anda. Tipe – tipe tersebut diantaranya :

  1. Perawatan Personal

Tipe perawatan home care yang satu ini berupa dukungan untuk melakukan tugas pribadi sehari – hari yang mungkin sulit untuk dilakukan oleh orang yang sakit atau lansia. Perawatan ini mencakup tugas – tugas seperti berpakaian, mencuci, bercukur, pergi ke toilet, dan perawatan personal lainnya. Perawat home care biasanya akan menggunakan slider untuk dapat memindahkan orang dengan kemampuan mobilitas yang kurang. Pasien dapat menentukan sendiri perawatan personal seperti apa yang mereka inginkan, seperti produk home care apa yang ingin digunakan dan support seperti apa yang mereka inginkan. Semua perawatan personal ini dilakukan dengan cara hormat dan bijaksana dengan menjunjung tinggi martabat orang yang dirawat tersebut.

  1. Perawatan Persahabatan

Perawatan persahabatan sangat cocok untuk orang lanjut usia yang kesepian atau memiliki resiko kesepian. Orang – orang lanjut usia ini pada dasarnya masih cukup sehat untuk dapat hidup mandiri dan tidak ingin pindah ke panti jompo atau tempat perawatan lansia lainnya. Yang mereka butuhkan adalah teman untuk menemani mereka agar tetap bahagia dan sehat secara mental. Walaupun terdengar sepele, kesepian merupakan masalah besar yang mempengaruhi banyak sekali orang. Memiliki seseorang untuk diajak bicara atau ngobrol dapat membantu meningkatkan percaya diri seseorang, menjaga keterampilan sosial, dan menghindari atau meredakan depresi.

  1. Perawatan Demensia

Seiring dengan bertambahnya usia, banyak orang yang ingatannya terganggu atau semakin kabur, contohnya saja seperti terkena penyakit Alzheimer atau penyakit demensia. Orang – orang yang memiliki penyakit ini membutuhkan perhatian khusus agar tetap dapat menjalankan kegiatan rutin sehari – hari mereka dengan lancar. Biasanya, perawat yang bekerja pada tipe home care ini dilatih untuk menghadapi perilaku menantang dan akan mengenali setiap orang sebagai individu. Dengan cara ini, mereka akan mengetahui situasi seperti apa yang mereka harus atasi, contohnya saja pasien akan merasa bingung pada waktu atau tempat tertentu, dengan adanya perawatan demensia ini, perawat akan berusaha dengan cara terbaik yang dapat mereka lakukan untuk membantu mereka.