Mengenal Waduk Diponegoro Semarang

Sunday, November 15th 2020. | Travel

Travel ke semarang dari Jakarta banyak menghadirkan tujuan rekreasi yang memikat buat didatangi. Meskipun begitu ada banyak tujuan rekreasi kota Semarang yang terselinap dan masih jarang-jarang dijumpai. ada satu tempat yang wajid dikunjungi yakni waduk diponegoro yang notabene merupakan sebuah tempat sarana edukasi bagi pelajar yang membutuhkan.

Waduk Diponegoro Semarang nalatra.com

Waduk yang terletak di dalam areal Kampus Undip ini bukanlah destinasi resmi karena belum mendapat izin sebagai salah satu objek wisata di kota semarang. Tetapi waduk ini bisa didatangi oleh masyarakat umum untuk bersantai dan aktifitas lainnya. Waduk Diponegoro merupakan tempat favorit warga di sekitar undip bersantai. Selain itu waduk ini juga merupakan tempat penelitian bagi mahasiswa.

Waduk kampus UNDIP mudah di kunjungi, sebab posisinya berada pas di pinggir jalan raya. Bila anda datang dari kota semarang, bisa ambil jalur ke arah Kampus Diponegoro yang berada di Tembalang. Dari gerbang kompleks universitas, lempeng lagi hingga mendapati gapura bertuliskan waduk pendidikan diponegoro.

Untuk yang tidak mempunyai kendaraan individu, waduk bisa juga dicapai dengan tranportasi umum yaitu TransSemarang jalur Ungaran sebab jalurnya masuk di dalam teritori universitas. Jangan lupa untuk berhenti di halte yang di kampus UNDIP, anda hanya cukup berjalan kaki agar bisa sampai di waduk ini.

Secara prosedural Waduk ini sangatlah berbeda dengan tempat rekreasi waduk yang ada diindonesia. Waduk pendidikan Diponegoro ini adalah lokasi yang dibuat untuk sarana dan fasilitas kepentingan mahasiswa undip.

Hingga tidaklah aneh jika banyak ditemui barisan mahasiswa yang sedang meeting, dialog dan aktivitas evaluasi yang lain di teritori waduk. Walau harus share posisi dengan beberapa mahasiswa yang melakukan aktivitas di situ, waduk ini masih jadi tujuan rekreasi yang memiliki daya tarik tinggi untuk warga lokal.

Salah satunya sarana yang tarik untuk pengunjung atau pelancong ialah gazebo kecil yang berada di atas waduk dan disambungkan dengan satu jembatan kecil. Di gazebo ini, pengunjung atau pelancong bisa nikmati panorama sunset yang bersatu dengan pohon-pohon rimbun di sekitarnya.

Disamping itu, pengunjung dapat nikmati panorama dalam suatu jembatan besar sebagai satu pintu air kecil. Di atas jembatan itu, pengunjung bisa nikmati saluran sungai kecil yang mengucur dari waduk yang ada di lain sisi jembatan. Dihias dengan panorama sawah-sawah di satu segi dan di lain sisi disertai oleh pohon-pohon dari kebun warga yang tinggal di pinggiran saluran sungai kecil itu.

Pengunjung dapat masuk dan naik ke gardu pandang yang sekarang ini belum usai dibuat. Disini bisa nikmati panorama lengkap dari Waduk Pengajaran Diponegoro. Apa lagi pada pagi hari, cahaya matahari akan memberikan dukungan dan memberikan panorama yang lebih terang.

Kecuali panorama itu, pelancong dapat masuk dan naik ke Gardu Pandang yang walau sekarang ini belom usai dibangun interiornya, tetapi pelancong bisa naik keatas atapnya lewat satu tangga disamping bangunan dan memikmati panorama lengkap dari Waduk Pengajaran Diponegoro. Secara individu, penulias mereferensikan untuk nikmati panorama dari Gardu Pandang ini pada pagi hari, sebab cahaya matahari akan memberikan dukungan dan memberikan panorama yang lebih terang.

karena sebenarnya tempat ini bukanlah destinasi wisata, jadi wajar bila anda tidak menemukan pedagang merchandise, oleh oleh dan sebagainya. Disini hanya tersedia parkir umum dan beberapa warung klontong yang menjual aneka gorengan serta cemilan.