Perbedaan IP Address, Domain dan Hosting

Monday, December 21st 2020. | Uncategorized

Perbedaan IP Address, Domain dan Hosting – Bagi Anda yang saat ini sedang memasuki dunia internet marketing atau belajar bisnis online melalui website, perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu website.

Website adalah halaman web yang berisi data informasi seperti teks, artikel, gambar, audio, animasi, video, terkait dan individu, organisasi dan perusahaan yang biasa digunakan untuk tujuan tertentu.

Website mencakup beberapa komponen utama yaitu domain, hosting, dan alamat IP. Sebagian besar situs web menggunakan www (World Wide Web), seperti: www.google.com, www.bing.com. www.tokopedia.com.

Perbedaan IP Address, Domain dan Hosting

Domain adalah nama sebuah alamat atau  yang biasa disebut sebagai URL, yang dapat menentukan nama server komputer dan dapat membawa Anda ke halaman web yang diinginkan.

Domain merupakan bentuk sederhana dari IP address yang biasanya tersusun dari angka angka yang sulit dihafal seperti 173.194.80.114, 192.204.70.113. 

Setiap alamat IP berbeda untuk dua komputer yang terhubung melalui Internet ke komputer, smartphone, dan PC

Sedangkan hosting adalah layanan yang banyak digunakan untuk menyimpan data website sehingga dapat diakses melalui internet.

Layanan hosting ini sudah tersedia di berbagai platform terbaik seperti hostnic.id

Ada beberapa metode web hosting yang harus Anda perhatikan, seperti saat mengakses website menggunakan alamat IP atau nama domain melalui browser yang menggunakan protokol jaringan HTTP. Internet juga akan mengirimkan permintaan akses ke server hosting.

Setelah itu server akan mengirimkan beberapa informasi file yang dibutuhkan ke komputer Anda melalui internet yang kemudian akan diterjemahkan oleh web browser dalam bentuk teks dan gambar.

Untuk Anda yang ingin mengakses website, Anda perlu memasukkan alamat website di browser yang Anda gunakan.

Apalagi perintah akan dikirimkan dari browser ke internet ke server hosting untuk dijalankan sesuai permintaan. Hasil dari kegiatan ini adalah menampilkan gambar dan informasi lokasi yang ingin diakses. Kemudian itu akan berlanjut Online untuk ditampilkan di browser Anda. Jadi Anda mendapatkan tampilan halaman untuk situs web yang Anda butuhkan. Beginilah cara kerja web hosting.

Jenis Layanan Hosting 

  1. Shared hosting yaitu sebuah istilah yang digunakan untuk sebuah layanan web hosting.
  2. Cloud hosting
  3. Managed wordpress hosting 
  4. VPS hosting
  5. Dedicated hosting

Spesifikasi yang harus dicari saat memilih layanan web hosting

Banyak hal yang perlu klarifikasi karena pelanggan belum mengetahui spesifikasi teknis yang akan mempengaruhi performa website Anda. Berikut beberapa spesifikasi yang perlu dipertimbangkan saat memilih layanan web hosting:

  1. Ruang disk adalah kapasitas atau total kapasitas file yang akan diunggah ke situs web. Jadi hosting terkait dengan ruang disk yang menunjukkan ukuran atau kapasitas hosting.
  2. Bandwidth adalah jumlah transfer yang dapat dilakukan bersama dengan data.

Hal Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Layanan Web Hosting

Ada beberapa yang perlu dijelaskan karena belum sepenuhnya pelanggan paham tentang spesifikasi teknis yang akan mempengaruhi performa website anda.

Saat memilih layanan web hosting, pertimbangkan fitur-fitur berikut:

  1. Disk Space adalah kapasitas, atau kapasitas total, file yang akan diunggah ke situs web. Oleh karena itu hosting sangat erat kaitannya dengan ruang penyimpanan, yaitu ukuran atau kapasitas hosting tersebut.
  2. Bandwidth adalah jumlah transmisi yang dapat dilakukan secara bersamaan dalam pertukaran data.
  3. Webmail adalah layanan email yang dapat diakses menggunakan browser web standar. Ini sangat berbeda dari layanan email yang dapat diakses melalui klien email khusus.
  4. Cpanel adalah panel kontrol layanan hosting web Linux yang menyediakan alat presentasi grafis dan otomatis untuk memudahkan hosting situs web Anda.
  5. Kualitas data center merupakan fasilitas jaringan komputer dan penyimpanan data yang dapat digunakan oleh perusahaan dan organisasi untuk mengelola, mengolah, menyimpan dan mendistribusikan data dalam skala besar.

Berikut beberapa penjelasan tentang hosting. Untuk anda yang ingin membuat website bisa memilih langsung dari layanan web hosting atau beli domain murah sesuai kebutuhan yang anda rencanakan. Seperti saat membidik khalayak pengunjung website yang memiliki posisi pasar di Indonesia.

Jangan lupa cek dulu dengan CS web host agar bisa mendapatkan opsi paket hosting yang paling sesuai.

tags: ,