Bahaya Gigitan Tungau Bagi Kesehatan Manusia

Saturday, January 16th 2021. | Cleaning Service

Jika anda pernah merasakan gatal-gatal dan ada bekas merah ruam setelah bangun tidur, bisa jadi itu akibat dari gigitan tungau. Tungau bisa menggigit di area kulit mana saja. Karena ukurannya yang sangat kecil, terkadang saat digigit kita tidak melihat dan tidak menyadarinya.

baca juga: jasa bersih rumah Jati Home Cleaning

Pada saat hinggap, tungau akan meninggalkan kulit serta kotoran. Kemudian, kulit dan kotoran yang menempel pada kasur atau karpet ini bisa memicu alergi dan rasa gatal berlebihan. Sehingga bisa membuat kita tidak ingin berhenti menggaruk bagian kulit yang gatal. Kulit yang digigit tungau tidak hanya terasa amat gatal saja, bahkan bisa juga timbul alergi. 

Efek Gigitan Tungau Kasur

Gigitan tungau tidak hanya mengakibatkan munculnya rasa gatal saja, namun ada juga efek yang lainnya. Nah, untuk efek yang ditimbulkan ini juga berbeda-beda sesuai dengan jenis spesies tungau yang menggigit anda.

Infeksi dan Demam

Infeksi dan demam adalah dampak yang biasanya dirasakan setelah mendapatkan gigitan dari tungau Chiggers. Spesies tungau ini biasanya lebih sering menggigit di bagian tubuh seperti pinggang, ketiak, serta pergelangan kaki.

baca juga: cleaning service batam jati home cleaning

Gigitan tersebut akan menimbulkan warna merah, dan nantinya akan mengeras dan meradang. Jangan digaruk berlebihan saat gatal mulai menjadi, supaya tidak timbul infeksi pada kulit anda.

Kudis

Sarcoptes scabiei adalah jenis tungau yang gigitannya bisa mengakibatkan kudis. Bekas gigitannya akan terlihat merah ruam dan berair. Jika anda mengalami gangguan seperti ini, anda bisa mengatasinya dengan membawanya ke dokter.

Permasalahan pada Kulit

Spesies tungau demodex adalah jenis tungau yang gigitannya bisa membuat kondisi kulit wajah anda semakin buruk. Sebab tungau ini bisa menjadikan kulit gatal atau bersisik dan kasar. Terlebih jika ada gigitan tungau di mata. Sebaiknya anda segera mengobatinya, jangan sampai ada infeksi.

Mengakibatkan Gangguan Pernapasan

Seseorang dapat mengalami gangguan pernapasan karena adanya gigitan tungau kasur di rumah. Gigitan tungau ini terkadang juga menjadi penyebab timbulnya masalah asma yang dialami anak kecil. Adanya udara yang sudah terkontaminasi dengan kotoran tungau dan tungau bisa membuat nafas seseorang menjadi sesak.