Fenomena akulturasi budaya pada asrama kampus IPB

Tuesday, March 2nd 2021. | Berita

Institut Pertanian Bogor IPB dikenal sebagai kampus rakyat berlokasi di Dramaga Bogor Jawa Barat. Kampus ini sangat luas dan juga hijau oleh pepohonan rindang. Ketika masuk melalui gerbang utama kita akan disambut bangunan bersejarah gedung rektorat Andi Hakim Nasution, rindangnya pepohonan, ikon koin IPB, gedung Graha Widya Wisuda dan masih banyak lagi.

Baca juga rekomendasi : fakultas agama islam

Nah, dari sekian banyak bangunan ada yang menarik loh. Jadi di IPB ada kompleks asramanya juga, bangunan asrama ada di dua tempat terpisah untuk asrama putri dan putra. Di setiap kompleks asrama ada beberapa bagunan, untuk asrama putri ada 6 bangunan sedangkan untuk yang putra ada 4 bangunan. Bangunan-bangunan tersebut menyerupai rumah susun dengan warna dan nama bangunan yang berbeda-beda.

Bangunan tersebut dihuni oleh para mahasiswa baru selama satu semester dan bersifat wajib. Setiap kamarnya dihuni oleh 3-4 orang dengan asal daerah yang berbeda-beda sehingga mereka tidak kenal satu sama lain sebelumnya. Berasal dari daerah yang berbeda-beda membuat mereka saling belajar kebudayaan satu sama lain seperti bahasa, adat kebiasaan dan banyak hal.

Bukan hanya belajar budaya satu sama lain, kebersamaan mereka yang menghuni satu ruangan bersama membuat mereka belajar toleransi, kepedulian dan saling mengasihi satu sama lain. Tak heran selepas satu tahun asrama pun silaturahmi mereka masih terus terjalin sampai sekarang.

Baca juga : jurnal fakultas ekonomi

Di setiap gedung ada seorang mahasiswa yang ditetapkan sebagai lurah melalui musyawarah dan mufakat. Serta ada juga RT di setiap lorong yang akan berkoordinasi dengan lurah. Meraka nantinya akan mengontrol tiap kegiatan di asrama bersama beberapa kakak tingkat agar kegiatan dan tata tertib asrama dapat berjalan baik.

Di asrama tersebut juga ada berbagai kegiatan yang menarik antara lain lomba makanan khas daerah, fashion, mini seminar, takshow, senam pagi, lomba antar lorong atau gedung dan masih banyak lagi. Semua kegiatan ditujukan kepada selutuh penghuni asrama tanpa terkecuali.

Bagi yang mungkin sudah lulus dari kampus ini pasti akan mengenang moment ini. Momen kehidupan di asrama bersama teman-teman yang berbeda asal. Dan tentunya kenangan hidup di asrama IPB adalah salah satu hal yang akan memberikan banyak cerita yang sungguh akan dirindukan. Di asrama kampus IPB kita belajar budaya dan toleransi, menarik bukan?