Cara Bikin Kacang Tojin yang Renyah dan Gurih

Wednesday, March 3rd 2021. | Uncategorized

Banyak orang yang pernah membahas cara bikin kacang tojin. Biasanya kacang tojin ini disuguhkan ketika sedang ada tamu ataupun acara hajatan. Banyak orang dewasa yang menyukai kacang ini karena rasanya yang enak dan juga gurih. Kita pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Sebelumnya kita pernah bahas cara bikin bawang goreng. Sekarang kita akan bahas cara bikin kacang tojin ini. Simak penjelasan berikut !

Kacang Tojin

Kacang tojin merupakan salah satu varian jajanan kacang goreng atau makanan yang konon berasal dari wilayah Bukittinggi, Sumatera Barat. Yang beda dengan kacang goreng lainnya adalah ada tambahan irisan daun seledri yang memberikan rasa dan aroma yang sangat lebih gurih.

Saat ini sangat mudah sekali mencari kacang tanah di supermarket atau pasar di seluruh Indonesia, apalagi saat hampir lebaran atau hari libur lainnya. Tapi Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

Peluang Usaha Kacang Tojin

1.Bersiap Memulai Bisnis Kacang Tojin

Jika Anda ingin membuka peluang bisnis kacang tojin, Anda perlu mempersiapkan semua hal yang akan Anda butuhkan sebelumnya. Hal utama yang harus dipersiapkan untuk menjalankan usaha kacang tojin adalah modal dalam usaha tersebut. Sebab tanpa modal kerja, produksi kacang tojin tidak bisa berjalan maksimal.

Modal kerja ini digunakan untuk membeli berbagai perlengkapan, perlengkapan bisnis, dan bahan baku. Untuk masalah modal kerja yang dibutuhkan untuk memulai usaha kacang tojin dapat dimulai dari skala kecil. Anda bisa menyewa tempat terlebih dahulu dan membuka toko kecil.

Namun, setelah bisnis egg bean berjalan dengan baik, Anda bisa mengembangkannya dalam skala yang lebih besar. Memulai bisnis egg bean juga membutuhkan perangkat pendukung agar bisnis egg bean tetap berjalan dengan baik.

2.Menentukan Harga

Kacang tojin memang merupakan makanan ringan yang memiliki peminat yang cukup besar di masyarakat. Harga eceran yang terjangkau juga bisa menarik minat banyak orang. Jika ingin menjalankan bisnis jual kacang tanah, Anda bisa mematok harga yang tidak terlalu mahal.

Harga jual biji kacang juga bisa disesuaikan dengan yang ada di pasaran. Harga kacang dapat dipatok mulai dari Rp. 6.000 dalam satu bungkus. Dengan harga yang terjangkau dapat membangkitkan minat konsumen yang signifikan di masyarakat.

3.Tentukan Lokasi Penyimpanan

Usaha biji telor dapat dijalankan secara maksimal dengan menetapkan lokasi usaha yang strategis. Sebenarnya bisnis kacang ini bisa dilakukan dimana saja. Bisnis kacangdimulai dengan pembukaan toko kecil di pinggir jalan.

Selain itu, Anda juga dapat memilih lokasi yang berada di lokasi lain, seperti: Dekat tempat rekreasi, pusat kota, dekat Alon-Alon, dekat wisma, dekat sekolah, dekat kampus, dan di berbagai lokasi strategis lainnya untuk masyarakat luas. temukan dengan mudah.

4.Bisnis Pemasaran Kacang Tojin

Pemasaran bisnis kacang tojin dapat dilakukan dengan menitipkan produk kacang tojin ke berbagai toko, supermarket dan pusat oleh-oleh. Anda juga bisa memasarkan langsung ke konsumen. Bahkan pemasaran kacang tojin ini juga dapat dilakukan melalui media sosial.

Sehingga keberadaan bisnis kacang tojin mudah diketahui masyarakat luas dan usaha produksi kacang tojin ini dimaksimalkan.

Manfaat Kacang untuk Kesehatan

1.Kaya Kalsium

Kacang mengandung kalsium tinggi. Hal ini tentunya sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang dan juga kesehatan gigi. Jika Anda memiliki masalah dengan kepadatan gigi atau keropos tulang, sebaiknya makan kacang secara teratur untuk membantu mengatasi masalah ini.

Makan kacang-kacangan secara teratur akan membantu Anda memiliki deretan gigi yang bersih dan kuat serta tulang yang kuat yang memungkinkan Anda bergerak bebas tanpa mengkhawatirkan usia.

2.Sumber Protein

Anda tidak perlu repot untuk makan makanan mahal yang merupakan sumber protein, seperti: B. daging merah, kacang-kacangan juga tinggi protein. Mengkonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang wajar akan membantu memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh.

Tentu saja, kacang-kacangan tidak bisa memenuhi kebutuhan protein Anda, jadi pastikan Anda mengonsumsi sumber protein lain ya.

3.Sumber Kalium

Kalium adalah salah satu jenis nutrisi penting yang membantu jantung bekerja dengan baik. Jantung yang sehat dan berfungsi dengan baik tentunya akan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk memenuhi kebutuhan kalium Anda, kacang-kacangan bisa menjadi pilihan yang tepat karena kacang merupakan sumber kalium alami. Curah jantung yang baik berkat dukungan penyerapan kalium juga berarti meminimalisir terjadinya stroke.

Jika sudah merasakan gejala stroke, ada baiknya mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin untuk melakukan tindakan pencegahan.

4.Antioksidan

Saat ini radikal bebas sedang menyebar dan mengancam kesehatan tubuh. Paparan radikal bebas dapat menurunkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh mudah terserang berbagai penyakit.

Untuk mengatasinya, konsumsilah makanan yang kaya antioksidan, termasuk kacang-kacangan, agar tubuh selalu sehat dan tidak terkalahkan oleh serangan radikal bebas.

5.Sumber Vitamin B.

Vitamin B yang cukup sangat bermanfaat dalam mencegah berbagai jenis penyakit. Mengonsumsi kacang-kacangan yang merupakan sumber vitamin B alami tentunya akan membuat tubuh lebih sehat. Anda tidak perlu khawatir bertambah berat badan setelah makan kacang karena kandungan kalorinya relatif rendah.

6.Baik untuk Kesehatan Otot

Menjaga kesehatan otot bisa dilakukan melalui konsumsi kacang-kacangan secara rutin. Ini untuk mencegah gejala kram atau kaku pada tubuh dan mengendurkan otot-otot tubuh Anda. Seimbangkan juga dengan berolahraga secara rutin agar otot selalu lentur dan elastis serta mendukung gerakan tubuh yang maksimal.

7.Mencegah Arthritis

Arthritis adalah kondisi peradangan yang juga dikenal sebagai peradangan sendi. Penyakit ini biasanya menyerang orang yang berusia 55 tahun ke atas, terutama wanita. Makan kacang-kacangan secara teratur dapat membantu mencegah radang sendi, yang berarti mencegah artritis secara alami tanpa mengonsumsi obat kimia.

8.Jantung yang Sehat

Kandungan kalium pada kacang-kacangan dapat membantu menjaga kerja jantung agar tetap terjaga yang berarti kesehatan tubuh secara keseluruhan tetap terjaga. Konsumsi kacang-kacangan secara rutin bersama dengan makanan bergizi lainnya seperti buah dan sayur tentunya sangat membantu untuk kesehatan jantung.

9.Menjaga Konsentrasi Otak

Indikator bahwa otak dalam keadaan sehat adalah ketika otak dapat dengan mudah berkonsentrasi. Apalagi jika Anda banyak melakukan aktivitas kekuatan otak. Untuk meningkatkan konsentrasi otak, makan kacang-kacangan secara teratur.

10.Membantu Mengontrol Berat Badan

Makan kacang untuk sarapan atau sebagai camilan telah terbukti membuat Anda kenyang lebih lama karena kandungan lemak alami di dalamnya. Dengan cara ini, konsumsi kacang-kacangan akan mengurangi ketergantungan pada konsumsi makanan olahan yang dapat meningkatkan berat badan.

Cara Bikin Kacang Tojin

Bahan-bahan :

  • 1 kg kacang tanah kupas
  • 40 ml santan saja
  • 1 sendok teh gula
  • 1 sendok teh garam (sesuaikan)
  • 10 lembar daun jeruk sobek
  • 10 butir bawang putih kupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • (bisa dihaluskan atau ditumbuk)
  • 1 sendok teh kaldu ayam (misalnya Chicken Royco)
  • 4 gelas air belimbing
  • 10 butir bawang putih tumbuk dan goreng untuk taburan

Cara Membuat Kacang Tojin :

  1. Cuci kacang tanah hingga 2 sampai 3 kali, tapi jangan diperas agar tidak pecah (saring dan sisihkan
  2. Siapkan wadah untuk merebus air yang diperkaya dengan kacang tanah
  3. Tambahkan air, garam, gula pasir, kaldu ayam, bawang putih, daun jeruk dan santan kental, nyalakan api hingga mendidih dan aduk hingga mendidih dan uji rasanya.
  4. Rendam kacang yang telah dicuci hingga semua kacang terendam, diamkan selama 1 jam
  5. Sementara itu buat bawang bombay goreng untuk taburan dengan cara merendam bawang putih suwir dalam larutan sedikit air asin agar bawang bombay gurih dan tidak mudah menghitam saat digoreng.
  6. Setelah 1 jam, saring kacang yang sudah direndam, sisihkan dan panaskan minyaknya. Uji dengan menjatuhkan 1 kacang tanah ke dalam minyak. Jika kacang cepat mengembang, artinya minyak sudah cukup panas
  7. Masukkan kacang tanah, masak sambil diaduk perlahan agar tidak gosong
  8. Setelah gelembung minyak mulai muncul, angkat sedikit mur dan biarkan mengering
  9. Catatan: Jangan angkat kacang jika sudah terlalu kecokelatan karena akan gosong di luar karena proses memasak akan berlanjut di luar.

Demikian merupakan cara bikin kacang tojin. Semoga bisa membantu dan bermanfaat yang igin bermula dalam memakai bisnis ini. Selamat mecoba.