Membuat Permen Dan Berbagai Macam Permen Lainnya

Monday, March 8th 2021. | Bisnis

Hai kalian pasti taukan,dengan permen yang memilik bentuk dan warnanya yang sangat menarik ini ya nama permennya ini adalah cara membuat permen lollipop.diartikel saya kali ini saya ingin memberitahu kalian semua Membuat Permen Dan Berbagai Macam Permen Lainnya .

Sejarah Permen

Para ahli pernah menemukan permen purba di Mesir sekitar 3500 tahun yang lalu. Dan di tempat yang lain juga pernah ditemukan gumpalan madu kering yang diduga dijadikan permen oleh manusia purba pada saat itu.

Kegemaran yang awalnya hanya iseng belaka ini kemudian mendorong bangsa Mesir, Arab, dan Cina kuno untuk membuat racikan manisan madu dengan berbagai macam rasa. Mulai dari rasa buah buahan sampai kacang kacangan.

Perkembangan pembuatan permen ini juga di pengaruhi oleh kebiasaan makan coklat yang di populerkan suku Indian, Aztec, dan Maya.

Perkembangan Permen

Tahun 1828

Permen coklat pertama didunia diciptakan oleh seorang Belanda,Conrad J. Van Houten yang memeras biji coklat yang dimasaknya yang kemudian dicampur gula hingga menjadikannya permen.

Tahun 1869

Thomas Adams, seorang Amerika yang menciptakan permen dari bahan karet.Penemuannya tak sengaja karena awalnya ia ingin membuat mainan hingga ban sepeda namun percobaannya selalu gagal.Ketika ia memasukan karet kedalam mulutnya timbulah ide untuk menambahkan rasa di karet itu hingga terciptalah permen karet. 1871 temuannya itu dipatenkan.

Tahun 1875

Henry Nestle,seorang pembuat susu kental manis dan Daniel Peter, seorang pembuat coklat yang memadukan dua unsur ini menjadi satu dan mendirikan perusahaan coklat susu pertama didunia

Tahun 1908

Lolly Pop, permen bertangkai ini diberinama oleh George Smith H, berdasarkan nama kuda balapnya. Tak banyak diketahui awal dari keberadaan permen lollipop ini. Nanum mesin pembuat permen Lolly Pop diciptakan oleh Samuel Born warga Amerika keturunan Rusia.

Tahun 1912

Clarence Crene menciptakan permen mint, ia sendiri sebelumnya membuat permen coklat, tetapi karena permen coklat mudah meleleh pada saat musim panas akhirnya ia mencoba membuat permen dari bahan yang lain.

Keberadaan permen mint itu sendiri sebenarnya sudah ada di daratan Eropa namun kebanyakan berbentuk persegi. Crene akhirnya mencoba membuat permen mint dengan bentuk yang lain yaitu bulat dan bolong ditengahnya.

“Life saver” itulah nama awal permen ini disebut karena memang bentuknya mirip seperti pelampung atau ban menyelamat, dan sekarang permen ini lebih dikenal orang dengan sebutan permen polo.

Tips Dan Strategi Dalam Berjualan Permen:

1. Gunakan Gula Asli Yang Berkualitas Baik

Jangan pernah mengganti gula pasir dengan pemanis buatan. Walaupun harganya naik, tetap gunakan gula pasir asli.

Pemanis buatan membuat tenggorokan sakit dan mudah batuk. Pembeli tak akan kembali ke lapak anda jika mereka sakit setelah makan gulali buatan anda. Pakai gula yang berkualitas baik dan berwarna putih.Gula yang putih akan membuat gulali tampak cantik.

2. Pakai Pewarna Makanan

Meskipun pewarna tekstil lebih murah harganya, tetap gunakan pewarna makanan. Karena kita berjualan makanan, jadi harus berhati hati dalam memilih bahan baku dalam setiap resep gulali. Walau keuntungan dan peluang berjualan permen cukup tinggi, jangan pernah mengakali pembeli.

Apakah anda mau konsumen cilik anda menderita penyakit karena pewarna tekstil di dalam gulali? Tentu jawabannya tidak.

3. Bentuk Yang Menarik

permen umumnya berbentuk lonjong. Tapi anda juga bisa membuat gulali jadi bentuk anak ayam atau hati.Gulali yang bentuknya unik dan lucu terbukti lebih disukai pembeli. Teruslah berlatih dan berkreasi dengan cara buat arum manis rambut nenek

4. Hiasi Gerobak Jualan Anda

Jika anda berjualan gula kapas dengan gerobak dan mesin arum manis, cat dengan warna yang menarik, seperti hijau terang, biru muda atau merah muda. Tempel juga gambar anime atau tokoh kartun favorit anak anak. Untuk memperbesar peluang usaha gula kapas anda.

5. Plastik Pembungkus

Gunakan plastik yang berkualitas baik. Anda juga bisa memberikan logo usaha anda di permukaan plastik pembungkus. Agar pembeli hafal dengan dagangan anda.

6. Lokasi Berjualan Strategis

Juallah di tengah keramaian. Misalnya di depan TK atau SD, atau di taman kota. Bisa juga di dekat posyandu. Karena rata rata, konsumennya adalah anak anak. Jadi carilah tempat yang sekiranya banyak anak kecil.

7. Jual Dengan Makanan Atau Minuman Lain

Untuk variasi, anda bisa menjual arum manis dengan makanan lain. Misalnya dengan eskrim atau milkshake yang kekinian. Kombinasi dua camilan manis dengan penampilan menarik, sangat disukai pembeli.

8. Pasarkan Secara Online

Anda juga bisa memasarkan gulali secara online, selain jualan offline. Maksimalkan penggunaan media sosial anda untuk berpromosi.Jadi,  cakupan pembeli juga makin luas. Berikan juga delivery service pada mereka.

Setelah tahu strategi berjualan, ini dia analisa usaha arum manis. Agar anda bisa menghitung berapa besar keuntungan yang didapatkan dalam sebulan. Dan butuh berapa lama untuk balik modal.

1. Cara Membuat Permen Dalgona.



Bahan-bahan:

  • 2 sdm gula pasir
  • Sejumput baking soda

Cara Membuat Permen Dalgona:

  1. Taruh gula pasir di centong stainless steel. Panaskan di atas kompor sampai gula meleleh.
  2. Tambahkan sejumput baking soda. Aduk-aduk sampai berbuih. Pastikan baking sodanya sejumput saja karena bila terlalu banyak, hasilnya malah akan pahit.
  3. Setelah adona gula dan baking soda berbuih, tuang di atas alas plastik.
  4. Pipihkan dengan cara ditekan menggunakan cetakan. Biarkan dingin hingga permen mengeras.

2.Cara Membuat Permen jelly.



Bahan-bahan:

  • 3 bungkus agar-agar plain
  • 3 gelas air matang
  • 3 gelas gula pasir
  • Essens aneka rasa buah

Cara Membuat Permen jelly:

  1. Pertama-tama masukkan bubuk agar-agar, gula pasir dan air. Masak sampai mendidih, lalu aduk sampai gula benar-benar larut.
  2. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, lalu beri essens sesuai selera dan rasa yang diinginkan.
  3. Siapkan loyang, kemudian tuang adonan agar-agar lalu diamkan sampai mengeras.
  4. Potong-potong adonan permen jelly agar-agar yang sudah mengeras, lalu jemur di bawah terik matahari. Bolak-balik agar cepat kering.
  5. Masukkan dalam wadah tertutup atau toples kedap udara.
  6. Permen jelly siap untuk disajikan.

Demikian artikel Membuat Permen Dan Berbagai Macam Permen Lainnya,terima kasih atas waktunya.semoga bermanfaat dan selamat mencoba.bila ada kata-kata atau penulisan yang salah atau tidak tepat mohon dimaafkan dan dimaklumi.




tags: , , ,