Cara Daur Ulang Sampah Kertas

Wednesday, April 14th 2021. | Uncategorized

Apakah kalian mengetahui bagaimana cara daur ulang sampah kertas? Dalam proses daur ulang sampah kertas merupakan salah satu cara yang paling penting untuk menjaga kelestarian lingkungan kita.

Banyak bencana lingkungan akibat dampak dari penebangan pohon yang digunakan untuk membuat kertas. Karena itu kita perlu melestarikan dengan daur ulang sampah kertas.

Didunia pendidikan, kertas merupakan konsumsi tertinggi untuk para siswa dan guru. Oleh karena itu, tingginya konsumsi kertas di dunia harus kita imbangi juga dengan daur ulang sampah kertas.

Dan juga pengolahan kertas juga mengakibatkan limbah padat dan cair yang sangat banyak, maka dari itu yuk melestarikan lingkungan kita dengan simak artikel cara daur ulang sampah kertas dibawah ini yaa..

Baca Juga : Kenali Macam Macam Kertas dan Fungsinya (TERLENGKAP)

Langkah-Langkah Daur Ulang Sampah Kertas

1. Pengumpulan/Collection

Langkah awal dari daur ulang sampah kertas yaitu pengumpulan atau collection. Karena biasanya seorang pembuat kertas mengumpulkan bahan baku daur ulang kertas membeli dari pengepul-pengepul.

Saat ini, selain kertas koran dan majalah bekas yang menumpuk, kebanyakan kertas yang didaur ulang bersumber dari kawasan industri dan komersial karena bersih dan ekonomis untuk dikumpulkan.

Saat pengumpulan dilakukan kita sebisa mungkin harus hemat biaya dan mengaturnya secara efektif dan efisien, jadi volume dan kualitas dari daur ulang sampah kertas dapat terjaga.

2. Pemilahan/Sorting

Daur Ulang Sampah Kertas

Selanjutnya, setelah selesai pengumpulan sampah kertas adalah tahap penyortiran atau pemilihan sampah kertas. Pada tahap ini sampah kertas akan diukur dan dinilai kualitasnya.

Sampah kertas bekas dengan kualitas yang sama akan digabungkan, karena seratya sama dan dapat diekstrasi menjadi pulp. Kemudian kertas dibawa ke pabrik daur ulang kertas yang akan mengukur kuantitas dan kualitas dari kertas tersebut.

Selanjutnya dilakukan pernyortiran lebih lanjut berdasarkan permukaan dan struktur kertas. Misalnya kertas yang tipis akan dipisahkan dengan kertas yang tebal. Hal ini penting dilakukan karena untuk memperoleh kertas yang berkualitas.

3. Proses Bubur/ Shreeding and Pulp

Daur Ulang Sampah Kertas

Pada langkah ini kertas dipecah pecah menjadi bagian yang kecil-kecil bisa menggunakan mesin penghancur kertas atau manual.

Kemudian ditambahkan air yang banyak dan bahan kimia yaitu hidrogen peroksida, natrium silikat, dan natrium hidroksida, yang bertujuan untuk memisahkan serat-serat dari kertas.

Larutan pulp yang dihasilkan disebut pulp, yang memiliki tekstur seperti oatmeal dan merupakan bahan baku pembuatan kertas nantinya. Proses mengubah bahan kertas daur ulang menjadi pulp disebut pulping.

Proses daur ulang kertas selanjutnya adalah mengayak pulp, fungsinya memisahkan padatan dengan menggunakan screen pada suspensi pulp.

Setelah beberapa saat, partikel besar akan tetap berada discreen. Sedangkan,partikel yang lebih kecil akan melewati lubang kecil pada screen.

4. Penghilangan Tinta

Daur Ulang Sampah Kertas

Tahap selanjutnya dari proses daur ulang kertas adalah menambahkan bubur kertas ke tangki pelampung, di mana bahan kimia dan gelembung akan menghilangkan pewarna dan tinta.

Hidrogen peroksida dan bahan pemutih lainnya juga dapat ditambahkan untuk lebih meningkatkan warna putih kertas. Langkah ini akan terus memutihkan pulp hingga siap untuk pemrosesan akhir.

Biasanya, pewarna ditambahkan selama proses daur ulang kertas agar warna produk tidak hanya berwarna putih. Dalam beberapa kasus, menambahkan pewarna biru dan hitam dapat membuat kertas cetak putih cerah.

5. Pengeringan/Drying

Daur Ulang Sampah Kertas

Proses pengeringan ini merupakan tahap akhir dari proses daur ulang kertas, dimana pulp akan melewati roller untuk menghilangkan kelembaban berlebih.

Selanjutnya lembaran tersebut akan melewati roller yang dipanaskan menjadi uap pada suhu 130 derajat fahrenheit atau sekitar 54 derajat celcius. Proses daur ulang kertas ini dapat digunakan untuk membentuk gulungan kertas pipih yang panjang.

Terkadang ditambahkan lapisan seperti pati kentang pada kertas untuk mencegah tinta menyebar, seperti saat menulis di atas kertas tisu.

Ujung gulungan kemudian dipangkas dan didaur ulang untuk membuat bubur kertas baru. Gulungan kertas yang dihasilkan akan dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil kemudian dikirim ke berbagai produsen yang menggunakan kertas untuk membuat produknya, seperti koran, kertas kado, kertas cetak, dan lainnya.

Demikian artikel mengenai cara daur ulang sampah kertas, semoga bermanfaat untuk teman-teman. See you 🙂

Baca Juga : Pengertian Sampah

tags: , , , , , , ,