Panduan Memulai Usaha Digital Printing Bagi Pemula

Tuesday, April 27th 2021. | Bisnis

Ada banyak pilihan bisnis yang mampu dicoba terhadap zaman sekarang, keliru satunya bisnis digital printing. Usaha ini tergolong menjanjikan mengingat keinginan customer terhadap produk digital printing lumayan tinggi.


Didukung oleh pertumbuhan teknologi yang makin canggih, bisnis ini pun dinilai makin prospektif. Menariknya lagi, pelaku bisnis yang menggeluti bisnis digital printing belum terlalu banyak. Ini berarti, peluang untuk berhasil akan makin besar.

Apa saja yang mampu diproduksi dengan mesin digital printing? Beberapa di antaranya, adalah kaos, mug, kartu undangan, kartu nama, spanduk, brosur, pamflet, dan sejumlah alat pendukung promosi lain.

Berikut tips ala printing bandung :

Persiapkan Modal
Untuk memulai sebuah bisnis digital printing, Anda membutuhkan modal yang tidak sedikit. Bagian paling penting yang mesti dipersiapkan adalah perangkat elektronik, yaitu komputer yang ditambah dengan sistem grafis dan printer digital dengan mutu yang memadai.

Harga komputer yang sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan paling tidak Rp5-10 juta. Sementara itu, alat digital printing dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi, yaitu antara belasan sampai puluhan juta. Pilihan perangkat yang digunakan mampu sesuai dengan tujuan pasar Anda.

Persiapkan Lokasi Usaha Digital Printing
Anda membutuhkan wilayah khusus untuk menjalankan bisnis digital printing ini. Mesin digital printing lumayan lebar agar ruangan yang diperlukan mesti lumayan luas. Selain untuk mesin, Anda pun mesti menyediakan ruangan lain untuk laksanakan finishing.

Tidak mesti terlalu luas, setidaknya order mampu dilaksanakan dengan nyaman di kedua ruangan ini. Pastikan ruangan yang digunakan juga ditambah dengan AC. Pasalnya, mesin digital printing mesti dioperasikan dalam ruangan bersuhu 20–25 derajat Celcius.

Lokasi bisnis juga mesti strategis dan mudah dijangkau. Apalagi terkecuali mengerjakan order dalam jumlah yang banyak, Anda membutuhkan akses transportasi yang lancar. Klien pun akan lebih mudah mendapatkan bisnis Anda terkecuali berada di tempat yang tepat.

Persiapkan Dana Operasional
Dana operasional adalah dana yang akan digunakan untuk aktivitas laksanakan bisnis digital printing. Ada lebih dari satu bahan baku yang mesti dipersiapkan khususnya dahulu sebelum saat mulai mencetak produk digital, mulai berasal dari tinta, tempat yang akan digunakan, sampai aksesori.

Dana operasional ini akan menunjang pergerakan bisnis Anda sebelum saat menghasilkan keuntungan. Pastikan dana berikut tidak terlalu mepet agar Anda mampu tetap menjaga kualitas. Pada awal mula berbisnis, terlalu penting untuk memulainya dengan kesan terbaik.

Pilih Karyawan
Apakah Anda mampu selesaikan semua sistem pengerjaan berikut sendiri? Opsi ini tidak mudah dan pasti akan membutuhkan kerja keras. Oleh sebab itu, mempekerjakan lebih dari satu karyawan akan membuat beban Anda lebih ringan.

Namun, ini berarti Anda mesti siap dengan tanggung jawab sebagai pemberi kerja, yaitu memberi tambahan gaji dan layanan lain. Oleh sebab itu, pertimbangkanlah beban kerja dengan ongkos yang mesti dikeluarkan. Jika beban kerja belum terlalu banyak, hindari untuk mempekerjakan terlalu banyak karyawan.

Perlu diperhatikan pula, karyawan yang dipekerjakan mesti memiliki keahlian, baik dalam mengoperasikan perangkat komputer maupun mesin digital printing. Dengan kualifikasi ini, Anda akan lebih irit waktu dan mutu produk tetap terjaga.

Susun Strategi Promosi
Selanjutnya, Anda pun mesti menyusun trik promosi yang efisien untuk memasarkan jasa atau layanan bisnis digital printing tersebut. Pada zaman sekarang, tersedia banyak metode pemasaran yang mampu dilakukan.

Manfaatkanlah tempat sosial atau iklan berbayar untuk mempromosikan bisnis Anda terhadap orang-orang yang tepat. Bisnis yang dibangun tanpa trik promosi akan sukar untuk berkembang. Sediakan anggaran khusus untuk mempromosikan bisnis tersebut.

Ada lebih dari satu langkah yang mampu Anda lakukan, mulai dengan menyediakan diskon terhadap moment khusus, memberi tambahan bonus, dan sebagainya. Pastikan trik ini tidak nampak murahan, tetapi eksklusif agar dinantikan oleh penerimanya.