Cara Membuat Manisan Salak Kering Bikin Nagih

Wednesday, April 28th 2021. | Uncategorized

Apakah kalian mengetahui cara membuat manisan salak kering? Pastinya semua orang tidak asing lagi dengan buah salak. Ciri khas dari buah ini mempunyai kulit yang keras dan bersisik tajam hitam kecoklatan.

Buah salak memiliki daging berwarna putih tulang dengan biji coklat tua. Kita dapat menemukan buah ini hampir diseluruh indonesia khususnya di pulau Jawa dan Sumatera.

Namun selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah salak ini dapat diolah menjadi camilan sangat enak yaitu manisan salak kering. Selain itu manfaat dari buah ini sangat banyak lho, yaitu mampu mengobati diare, karena didalam buah salak kaya akan serat dan baik untuk pencernaan.

Resep Rahasia Cara Membuat Manisan Salak Kering

Baca Juga : Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Enak dan Praktis

Manisan salak kering merupakan olahan yang simple, enak, segar dan bikin ketagihan. Camilan ini cocok untuk dimakan pada musim apa saja karena tahan lama. Karena aroma dari manisan salak yang khas pasti akan memancing lidah kita untuk mencobanya.

Bagaimana sih cara membuatnya? Yuk simak resep rahasia cara membuat manisan salak kering yang segar enak dan bikin nagih..

Resep Rahasia Cara Membuat Manisan Salak Kering

Resep Rahasia Cara Membuat Manisan Salak Kering

Sebenarnya sangat banyak buah buahan yang dapat kita manfaatkan untuk membuat manisan buah kering. Contohnya manisan pepaya kering, manisan nanas kering, manisan pala kering, manisan kedondong, kelapa dan masih banyak lagi.

Namun, kali ini akan membahas cara membuat manisan salak kering dan dijamin rasanya enak bikin nagih. Yuk simak bahan-bahan, alat, dan langkah-langkah membuat nya dibawah ini :

Berikut ini Bahan- Bahan yang perlu disiapkan :
  1. Buah Salak (500 gram)
  2. Gula pasir  (600 gram)
  3. Asam sitrat (secukupnya)
  4. Air (3 liter) 
  5. Garam (5 gram)         
Alat- Alat yang digunakan :
  1. Pisau
  2. Talenan
  3. Baskom
  4. Panci
  5. Sendok
  6. Kompor
  7. Loyang aluminium
  8. Drying Cabinet/oven                   
Langkah-Langkah Cara Membuat Manisan Salak Kering :
  1. Kupas seluruh kulit buah salak dengan hati-hati hingga bersih.
  2. Potong-potong menggunakan pisau setiap daging buah salak dan belah menjadi 2 bagian. Dan buang biji buah salak karena tidak digunakan.
  3. Cuci hingga bersih potongan daging buah salak menggunakan air yang mengalir.
  4. Setelah dicuci bersih, rendam potongan daging buah salak dengan larutan garam dengan air sebanyak 1 liter dan garam 5gr.
  5. Tunggu sekitar 15 menit. Setelah itu angkat dan buah salak dicuci kembali lalu ditiriskan.
  6. Rendam irisan daging buah salak dalam larutan gula pasir secara bertahap. 
  7. Tahap pertama yaitu dengan merendam buah salak dalam larutan gula pasir (400 gram gula dalam 1 liter air) selama 1 malam. Jika selesai direndam, lalu tiriskan.
  8. Kemudian, dalam larutan gula sisa ditambahkan lagi 200 gram gula pasir dan dipanaskan dengan suhu 70–80oC, dengan waktu kira-kira 10 menit sampai gula larut seluruhnya.
  9. Setelah itu, dinginkan larutan gula dan potongan daging buah salak direndam didalamnnya. Diamkan selama 1 malam.
  10. Jika sudah, kemudian Angkat dan tiriskan buah salak yang telah direndam dan ditata rapi dalam loyang aluminium.
  11. Langkah selanjutnya yaitu tahap pengeringan, Masukkan buah salak yang akan dikeringkan kedalam oven pengering pada suhu temperatur 60 -70oC kira-kira selama 12 jam.
  12. Masukkan gula pasir sebanyak 250 gram pada irisan buah salak, dan jangan lupa untuk mengaduknya sesekali sampai merata.
  13. Setelah selesai dikeringkan, maka tiriskan lah sebentar, sampai dingin.
  14. Selesai. Anda dapat memasukan manisan salak kering kedalam wadah dan Manisan salak kering siap disantap.

Nah, itulah resep rahasia cara membuat manisan salak kering. Sangat bermanfaat untuk kalian membuka bisnis usaha kuliner. Caranya juga mudan dan sederhana untuk dipraktekkan dirumah. Dan rasanya sangat enak dan bikin ketagihan.

Semoga bermanfaat untuk kita semua yaa… Untuk informasi dan tips-tips lainnya anda dapat temukan disini ya.. See you ^^

tags: , , , , , , , , , , ,