Mengenal Apa itu Ketel Uap (Boiler) Kemudian Cara Perawatannya

Thursday, April 29th 2021. | Uncategorized

Dalam pabrik kelapa sawit, ketel uap (boiler) merupakan jantung dari sebuah pabrik kelapa sawit. Di mana, ketel uap ini lah yang jadi sumber tenaga dan sumber uap yang bakal dipakai untuk memproduksi kelapa sawit. Di sini, kami bakal mengulas lebih lanjut berkenaan ketel uap yang digunakan didalam pabrik kelapa sawit.

Apa itu Ketel Uap?
Ketel uap atau boiler adalah alat konversi daya yang merubah air jadi uap bersama dengan langkah pemanasan. Panas yang diperlukan air untuk penguapan tersebut diperoleh dari pembakaran bahan bakar pada area bakar ketel uap.

Uap atau daya kalor yang dihasilkan ketel uap tersebut sanggup digunakan pada seluruh peralatan yang butuh uap di pabrik kelapa sawit terutama turbin.

Mengenal Komponen Utama Boiler

Komponen boiler Flow Meter Tokico adalah seperangkat alat atau unit sistem yang merupakan anggota dari boiler. Setiap komponen memiliki fungsinya yang tidak sama dan terhubung bersama dengan komponen lainnya sesuai alur prosesnya. Dengan menyadari tiap tiap faedah komponen pada boiler, maka Anda sanggup menyadari komitmen kerja boiler bersama dengan lebih detail.

Drum Ketel, berfaedah sebagai area penampungan air panas dan juga area terbentuknya uap. Drum ini menampung uap bosan (saturated steam) beserta air bersama dengan perbandingan pada 50% air dan 50% uap.
Drum ketel terpasang sekat-sekat sehingga air tidak terbawa oleh uap. Air yang memiliki suhu rendah bakal turun ke bawah dan air yang bersuhu tinggi bakal naik ke atas dan kemudian menguap.

Superheater, merupakan area pengeringan steam, karena uap yang berasal dari drum ketel masih didalam kondisi basah sehingga belum sanggup digunakan. Proses pemanasan kelanjutan pakai superheater pipe yang dipanaskan bersama dengan suhu 260°C hingga 350°C. Dengan suhu tersebut, uap bakal jadi kering dan sanggup digunakan untuk menjalankan turbin maupun untuk keperluan peralatan lain.


Economizer

Economizer berfaedah menyerap panas dari gas hasil pembakaran setelah lewat superheater. Pemanasan air ini dijalankan sehingga perbedaan temperatur pada air pengisi bersama dengan air yang ada didalam drum ketel tidak terlampau tinggi, sehingga tidak terjadi thermal stress (tegangan yang terjadi karena ada pemanasan) di didalam main drum. Selain itu, bersama dengan pakai gas sisa pembakaran, maka bakal tingkatkan efisiensi dari boiler dan sistem pembentukan uap lebih cepat.

Steam Air Heater

Komponen ini merupakan alat yang berfaedah untuk memanaskan hawa yang digunakan untuk menghembus/meniup bahan bakar sehingga sanggup terbakar sempurna.

Udara yang bakal dihembuskan, sebelum saat lewat air heater memiliki suhu yang sama bersama dengan suhu hawa normal, yaitu 38°C. Namun, setelah melalui air heater, suhu hawa tersebut bakal meningkat jadi 230°C.

Cara Perawatan Boiler

Perawatan boiler adalah kesibukan sehingga layanan atau aset yang dirawat tetap berada didalam kondisi yang dikehendaki.

Tujuan perawatan yang paling efisien dan optimal adalah tercapainya keadaan-keadaan sebagai tersebut :

-Meningkatkan kebolehan produksi
-Menjaga mutu memproduksi tanpa mengganggu kelancaran produksi
-Menjaga sehingga boiler sanggup bekerja bersama dengan aman
-Menjamin kesiapan operasional dari seluruh peralatan yang diperlukan didalam kondisi darurat tiap tiap waktu.


Komponen boiler yang tidak dirawat bersama dengan baik dan benar bakal mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.

Untuk menjauhkan terjadinya kerugian tersebut, Synergy Solusi ada untuk menopang perusahaan Anda didalam mengelola risiko-risiko yang sanggup terjadi akibat rusaknya boiler