Toko Apar

Monday, May 10th 2021. | Uncategorized

Alat Pemadan Kebakaran Api Mudah (APAR) atau diketahui berikut nama fire extinguisher adalah alat yang memiliki fungsi selaku pemadam api atau buat mengontrol kebakaran kecil yang berlangsung. APAR biasa dijumpai di toko APAR serta mirip tabung oksigen yang berisi bahan pemadam bertekanan tinggi. Selaku alat Kesehatan serta Keselamatan Kerja (K3), APAR mesti berada pada gedung perkantoran ataupun dalam rumah. Maka, apabila barangkali berlangsung kebakaran kecil yang bisa memberi ancaman keselamatan penghuni area, jadi APAR dapat dipakai selaku bantuan pertama.

Macam-macam APAR

APAR yang umum dipasarkan di toko APAR ada begitu banyak ragamnya serta dapat diputuskan sesuai sama macam kebakaran yang berlangsung. Berdasar pada bahan pemadam apinya, APAR yang dipasarkan di toko jual apar jakarta bisa dikategorikan jadi 4 macam, ialah:

1. APAR Serbuk Kimia/Dry Chemical Powder

APAR macam yang satu berikut juga dibuat berbahan kimia, akan tetapi mempunyai bentuk yaitu serbuk kimia. Didalamnya berwujud paduan dari mono-amonium serta ammonium sulphate. APAR serbuk kering kimia ini sesuai dipakai buat mematikan api gara-gara kebakaran kelas A, B, serta C.

2. APAR Busa/Foam (AFFF)

APAR macam busa berisi bahan kimia yang membuat busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam). Busa bakal menyemburkan keluar serta tutupi bahan yang terbakar, maka oksigen tidak bisa masuk serta menyudahi proses pembakaran. APAR macam ini juga sesuai buat mematikan api gara-gara bahan non-logam, dan bahan cair yang ringan terbakar.

3. APAR Air/Water

APAR macam ini diisi bersama air bertekanan tinggi serta kebanyakan dipasarkan di harga yang sangat ekonomis dibanding macam yang lain. APAR air dapat sesuai dipakai buat mematikan api gara-gara beberapa bahan padat non-logam, seperti karet, kain, kertas, plastik, dan seterusnya.

4. APAR Karbon Dioksida/CO2

Sesuai sama namanya, APAR macam ini memanfaatkan bahan Karbon Dioksida atau CO2 selaku bahan buat mematikan kebakaran. APAR sesuai dipakai buat kebakaran kelas B, ialah gara-gara bahan cair yang ringan terbakar serta macam kebakaran kelas C gara-gara instalasi listrik.