Mengenal Beberapa APAR 3 Kg dari Berbagai Media

Saturday, May 22nd 2021. | Uncategorized

Alat pemadam api ringan atau APAR 3 kg menjadi pilihan banyak orang. Bentuknya yang tidak terlalu besar membuatnya bida digunakan dengan mudah. Bahkan oleh orang yang sudah tua sekalipun.

Seperti yang sudah diketahui, APAR sendiri pasti terlihat di banyak gedung seperti mall, kantor, dan sebagainya. Hal tersebut untuk melindungi bangunan jika suatu saat terjadi kebakaran secara mendadak. Namun, tahukah Anda ternyata isi dari pemadam ini ada banyak jenisnya. Setidaknya ada 4 isi atau media yang sering dijumpai. Oleh sebab itu, berikut daftarnya.

APAR 3 kg Jenis Cairan

Jenis pertama adalah media cairan atau water. Seperti namanya, isi dari alat pemadam ini adalah air yang bertekanan tinggi. Itulah mengapa APAR lebih ekonomis dan banyak digunakan.

Karena isinya adalah air, maka coco untuk kebakaran tipe A. Kebakaran ini terjadi akibat benda padat non-logam. Namun, APAR ini tidak cocok untuk kebakaran tipe C.

APAR Jenis Foam atau Busa

Media kedua adalah busa atau foam. Medianya terbuat dari beberapa bahan kimia yang bisa menciptakan busa. Oleh sebab itu, sumber kebakaran bisa langsung dipadamkan karena memblokir oksigen.

Dengan kemampuannya untuk memblokir oksigen dalam elemen api, maka foam bisa dipakai untuk beberapa tipe kebakaran. Media foam bisa dipakai untuk memadamkan kebakaran tipe A dan B.

APAR Jenis Powder atau Bubuk

Jenis ketiga adalah media bubuk atau powder. Media ini terbuat dari campuran Mono-amonium serta Ammonium Sulphate. Bubuk yang keluar dari tabung pemadam adalah bubuk kering.

Karena berbentuk bubuk, alat pemadam ringan ini sangat cocok untuk berbagai tipe kebakaran. Tercatat kebakaran tipe A, B, dan C bisa dengan mudah dan cepat dipadamkan.

APAR Jenis Karbon Dioksida atau Co2

Terakhir ada jenis karbon dioksida atau Co2. Biasanya alat pemadam api ringan berukuran 3 kg ini banyak tersedia di beberapa gedung khusus. Salah satunya di dekat area padat penduduk.

Hal tersebut karena karbon dioksida lebih efektif untuk kebakaran tipe B dan C. Tipe B sendiri diakibatkan oleh bahan bakar. Sedangkan tipe C disebabkan arus pendek.

Setelah mengetahui beberapa media APAR, tentunya Anda bisa memilih dengan mudah. Terlebih lagi alat ini cukup penting bagi setiap rumah. Jadi sebaiknya simpan APAR 3 kg untuk berjaga-jaga dengan membelinya pada kami.