AIR HANGAT DARI SOLAHART SANGAT BERMANFAAT SEPERTI OLAHRAGA

Tuesday, May 25th 2021. | Uncategorized

Solahrt merupakan salah satu jenis pemanas yang muncul setelah pemanas air tenaga listrik. Kemunculan varian pemanas air ini merupakan bentuk perbaikan pola hidup karena dapat menghemat energi secara efektif.

Pemanas air bertenaga solahart menggunakan sinar matahari sebagai sumber tenaga utama. Dengan begitu, penggunaannya lebih ramah lingkungan dan yang terpenting lebih ekonomis karena terbebas dari tagihan listrik setiap bulannya.

Air hangat dari solahart bermanfaat seperti olahraga

Mandi air hangat cenderung identik dilakukan di kala kesibukan dan aktivitas sudah mulai menggunung dan menyebabkan berbagai ketegangan. Saat ini sudah banyak masyarakat yang mengaplikasikan pemanas air tenaga matahari di rumah supaya dapat dengan mudah memperoleh suplai air mandi. Mandi atau berendam dengan air hangat sering digunakan sebagai cara untuk merilekskan tubuh dan mencegah stres yang muncul karena padatnya aktivitas.

Akan tetapi, ternyata mandi menggunakan air hangat tak hanya dapat membuat tubuh menjadi rileks. Lebih jauh dari itu, mandi dengan air hangat ternyata setara dengan melakukan aktivitas olahraga yang sanggup membakar kalori dengan optimal.

Hal ini telah dibuktikan dengan beberapa penelitian. Dimana penelitian tersebut menyebutkan bahwa mandi air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh sama halnya ketika melakukan gerakan fisik.

Bahkan menurut penelitian yang dilakukan Steve Faulkner dari salah satu universitas di Inggris, melalukan sauna atau mandi dengan air hangat yang berasal dari pemanas air tenaga surya mampu secara efektif mencegah seseorang terserang stroke atau serangan jantung yang berujung pada kematian. Hal ini dikarenakan suhu yang meningkat di dalam tubuh secara signifikan akan mampu meningkatkan aliran darah sehingga tekanan darah dapat dikontrol dengan baik.

Bahkan melalui penelitian yang sama, peneliti asal Inggris tersebut juga menyebutkan bahwa berendam atau mandi dengan air hangat juga mampu menurunkan serta menetralisir kadar gula dalam darah. Sistem metabolisme tubuh juga dapat terjaga secara dengan baik.

Mandi dengan air hangat yang berasal dari pemanas air tenaga solahart paling baik dilakukan dengan pengaturan suhu 40 sampai 44 derajat Celsius. Mandi dengan suhu tersebut mampu secara efektif membakar kalori sebanyak 140 kalori yang setara dengan berjalan selama 30 menit. Memang angka tersebut masih lebih rendah dibandingkan dengan aktivitas bersepeda yang mampu membakar lebih dari 600 kalori.

Walau begitu, mandi dengan air panas menurut penelitian ternyata lebih efektif dalam membakar energi yang sangat signifikan. Hal ini dikarenakan terjadinya syok protein yang terjadi sebagai wujud respons terhadap hipertermia yang mengalami pelepasan.

Protein dari dalam tubuh dapat keluar karena berbagai hal sebagai pemicu utamanya. Beberapa hal tersebut antara lain peradangan, aktivitas fisik hingga infeksi.

Setelah mengetahui manfaat mandi air hangat yang sangat menyehatkan bagi tubuh di atas tidak heran jika pengguna solahart saat ini menjadi semakin meningkat. Pemasangan pemanas jenis ini memang cukup mahal di awal, namun biaya operasionalnya jauh lebih rendah dengan kinerja yang sangat efektif.