Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran Api Ringan (APAR)

Tuesday, May 25th 2021. | Uncategorized

Musibah kebakaran bisa terjadi kapan pun dan pula dimanapun, karena itu kita harus selalu siaga akan berlangsungnya kebakaran. Bila musibah kebakaran enteng terjadi, salah satunya langkah yang bisa kita kerjakan dengan menggunakan alat pemadam kebakaran (APAR) atau tabung pemadam kebakaran. Bagaimanakah cara memakai alat pemadam kebakaran ini? bila anda belum ketahui langkah pemakaian APAR, di sini saya akan memberi info mengenai langkah memakai alat pemadam api enteng.

Untuk langkah yang termudah dan pula efisien yakni dengan menggenggam alat pemadam kebakaran menggunakan tangan samping kiri sekalian menarik pin pengaman di status leher falve pemadam. Sesudah cabut pin pengaman, tujukan selang dan semprotkan ke tiap titik sumber kebakaran itu ada dan melakukan dengan style semprot seperti sapu supaya bersihkan kebakaran yang terjadi. Yakinkan pula semua api telah padam semuanya.

saya pula akan memberi panduan memakai alat pemadam kebakaran ke kalian. Berikut sebagai panduan memakai alat pemadam jika terjadi kebakaran.

1. Tidak boleh cemas dan masih tetap konsentrasi

Jika terjadi kebakaran, yang perlu anda kerjakan pertama yakni tetap harus tenang dan tidak boleh cemas. Selekasnya lah ke arah tempat APAR ada dan yakinkan jarum tanda penekanan berperan secara baik. lalu padamkan api di tiap titik kebakaran yang tejadi.

2. Lihat semua titik sumber berlangsungnya kebakaran

Ambil atau bebaskan pin pengaman yang ada di status valve leher alat pemadam kebakaran. Yakinkan status anda ada di jarak 1,5 – 3 Mtr. dari api untuk mecegah dan pula jaga anda dari kepanasan. Status anda tidak boleh ada di lawah arah angin, supaya pemadaman api bisa dilaksanakan secepat-cepatnya.

3. Yakinkan anda menggenggam selang APAR ke sumber api ada

Pegang gagang APAR selanjutnya pencet gagang alat pemadam dengan kuat dan semprotlah ke sumber titik kebakaran api itu terjadi, yakinkan pula anda telah memadam semua sumber api supaya tidak ada kebakaran berkepanjangan.

bagi anda yang belum memiliki APAR untuk di rumah, di mobil, dan ditempat lainnya, kami PT. Kreasi Ukasah menyediakan jual alat pemadam kebakaran dengan harga yang cukup terjangkau. jika anda ingin menanyakan seputar APAR, silahkan kunjungi website kami atau hubungi customer service kami.