Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Kapur Sirih

Friday, June 4th 2021. | kuliner

Pernahkah kalian membuat manisan pepaya kering tanpa kapur sirih? Nah pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan resep cara membuat manisan pepaya kering tanpa kapur sirih. Penasaran bukan? Yuk simak selengkapnya dibawah ini yaa!

Manisan buah pepaya kering dibaut dengan cara diawetkan dengan gula. Pemberian gula dilakukan dengan kadar gula yang cukup tinggi, yang bertujuan untuk memberikan rasa manis sekaligus sebagai pengawet alami sehingga dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme penyebab buah cepat busuk.

Dalam proses pembuatan manisan buah, biasanya juga menggunakan air garam dan air jeruk nipis untuk mempertahankan bentuk atau tekstur buah dan menghilangkan rasa gatal atau pahit, tetapi air jeruk nipis bisa diganti dengan air beras.

Buah pepaya merupakan salah satu jenis buah yang sering dijadikan sebagai manisan. Seperti kebanyakan manisan buah, kita juga mengetahui keberadaan manisan buah pepaya basah dan kering (dikeringkan).

Kita bisa membuat manisan kering dan basah bisa dibuat dari pepaya mentah, mentah atau matang, perbedaannya terletak pada jumlah gula yang digunakan dan juga selera kita. Yuk simak Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Kapur Sirih berikut ini :

Baca Juga : Resep Praktis Manisan Pepaya Kering Tanpa Jemur

Resep Anti Gagal Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Kapur Sirih

RESEP MANISAN PAPAYA KERING TANPA KAPUR SIRIH :

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Kapur Sirih

Bahan:

  • 1 buah pepaya matang, kupas, potong kecil-kecil, bentuk sesuai selera
  • 2 sdm garam
  • 800 gr gula pasir
  • 250 ml air
  • larutan air beras

Langkah Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Kapur Sirih :

  1. Taburkan garam dan peras perlahan pepaya hingga layu, cuci bersih dan tiriskan. Rendam dalam larutan air beras selama minimal 2 jam. Cuci dan tiriskan.
  2. Taburkan 200 gram gula pasir ke dalam pepaya, aduk rata hingga airnya keluar. Biarkan 1 jam agar gula meresap.
  3. Rebus sisa gula pasir dengan 300 air hingga mendidih. Matikan api, tambahkan pepaya dan rendam semalaman.
  4. Tiriskan pepaya, rebus air gula sampai agak kental. Matikan api, rendam kembali pepaya semalaman.
  5. Tiriskan dengan baik. Ulangi proses tersebut hingga kental. Kemudian jemur pepaya yang sudah diolah di bawah terik matahari selama 2 hari.
  6. Cara membuatnya sangat mudah bukan, namun bagi kita yang tidak sempat membuatnya tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak yang menjual manisan pepaya baik di toko oleh-oleh maupun online.

Baca Juga : Resep Praktis Manisan Pepaya Kering Tanpa Jemur

RESEP MANISAN BUAH PEPAYA :

Bahan:

  • 1 buah pepaya
  • 700gr – 1 kg gula pasir
  • larutan garam meja dengan perbandingan 1 liter air dan 4 sendok makan garam
  • sisa air cucian beras

Cara Membuat Manisan Buah Pepaya :

  1. Iris pepaya, sesuai selera. Rendam dalam larutan garam sampai layu, tiriskan.
  2. Bentuk pepaya sesuai selera, rendam dalam larutan air beras selama satu malam. Tiriskan dan cuci sampai air cucian bening.
  3. Masukkan 250 gram gula pasir ke dalam pepaya, aduk rata, diamkan selama 2 jam sampai airnya keluar. tiriskan dan sisihkan airnya.
  4. Tambahkan air gula yang sudah direndam dengan 150 gram gula pasir dan masak hingga mengental. Angkat dan dinginkan.
  5. Tuang air gula ke dalam pepaya. Rendam semalaman dalam toples sampai airnya keluar. Lakukan langkah ini 2 kali sampai gula habis.
  6. Tiriskan pepaya dan sajikan.

Apa saja manfaat buah pepaya untuk kesehatan?

Harga buah pepaya relatif murah jika dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Tapi jangan salah, buah manis ini ternyata masih kaya manfaat lho!

Buah pepaya paling banyak dicari oleh orang yang sedang sembelit. Pasalnya, buah pepaya terbukti membantu melunakkan feses sehingga buang air besar menjadi lebih lancar.

Hebatnya lagi, ternyata masih banyak manfaat kesehatan dari pepaya yang terbukti secara ilmiah, seperti berikut ini:

1. Menurunkan kolesterol

Saking banyaknya manfaat buah pepaya, buah ini bahkan pernah dijuluki sebagai buah bidadari oleh Christopher Columbus.

Ditambah dengan kandungan serat, vitamin, dan berbagai antioksidan di dalamnya, buah pepaya efektif dalam mencegah penumpukan kolesterol dalam darah.

Semakin banyak kolesterol yang menumpuk, akan semakin menyumbat aliran darah hingga memicu serangan jantung dan stroke. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi, cobalah untuk makan lebih banyak buah pepaya.

2. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, maka jangan lupa untuk memasukkan pepaya ke dalam menu diet Anda. Satu buah pepaya berukuran sedang hanya mengandung 120 kalori, sehingga sangat cocok dikonsumsi saat berdiet.

Sebagai bonus, kandungan kaya serat di dalamnya bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Alhasil, manfaat pepaya bisa membuat Anda terhindar dari kegilaan dan pada akhirnya kesuksesan program diet Anda.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Hanya dengan makan satu buah pepaya, ini bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda hingga 200%. Vitamin C berperan penting sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Otomatis, tubuh Anda akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit

4. Baik untuk penderita diabetes

Meski rasanya manis, kandungan gula dalam potongan pepaya cukup rendah, begitu juga dengan indeks glikemiknya. Untuk itulah, pepaya merupakan salah satu buah untuk diabetes yang direkomendasikan oleh para ahli.

Selain itu, kandungan berbagai vitamin dan fitonutrien di dalamnya juga dapat mencegah risiko penyakit jantung pada penderita diabetes. Ternyata, buah dengan nama latin Carica papaya ini juga mampu menjauhkan risiko diabetes bagi orang sehat.

5. Menjaga kesehatan mata

Selain kaya akan vitamin C, pepaya juga mengandung vitamin A dan berbagai jenis flavonoid seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cyptoxanthin.

Perpaduan berbagai nutrisi tersebut mampu menjaga kesehatan selaput lendir pada mata. Selain itu, vitamin A juga berperan penting dalam mencegah degenerasi makula.

6. Mencegah radang sendi

Jika Anda ingin memiliki persendian yang sehat, cobalah makan pepaya. Buah pepaya mengandung zat anti inflamasi dan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of the Rheumatic Diseases, orang yang kekurangan vitamin C tiga kali lebih mungkin terkena radang sendi.

7. Membantu sistem pencernaan

Agar pencernaan Anda tetap sehat, makanlah pepaya secara teratur. Pasalnya, pepaya mengandung papain yang dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap optimal.

Ditambah dengan kandungan serat di dalamnya, enzim pencernaan akan bekerja maksimal untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

8. Meredakan nyeri haid

Manfaat buah pepaya ini tidak boleh dilewatkan oleh para wanita, terutama bagi mereka yang sering mengalami nyeri haid. Lagi-lagi hal ini dipengaruhi oleh kandungan papain yang mampu melancarkan aliran darah sehingga rasa nyeri berkurang.

9. Mencegah penuaan dini

Ingin tampil lebih cantik dan terlihat 5 tahun lebih muda? Tak perlu repot, Anda bisa mewujudkannya dengan mengonsumsi pepaya secara rutin.

Selain kaya akan vitamin C, pepaya juga mengandung vitamin E dan berbagai antioksidan (termasuk beta karoten) yang dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas. Alhasil, munculnya kerutan dan gejala penuaan dini lainnya tak berani menghampiri.

10. Merangsang pertumbuhan rambut

Salah satu manfaat buah pepaya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin A yang dapat merangsang pembentukan sebum, komponen penting untuk menjaga rambut tetap lembut, lembab, dan berkilau.

Jika dioleskan ke kulit kepala, buah eksotis ini bahkan bisa menghilangkan ketombe yang membuat rambut gatal. Alhasil, memiliki rambut indah, tebal, dan kuat bukan lagi sekadar impian bagi Anda.

11. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan, fitonutrien, dan flavonoid dalam pepaya bekerja efektif untuk mencegah tubuh dari paparan radikal bebas.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard School menemukan bahwa kandungan beta karoten dapat membantu mencegah kanker prostat dan kanker usus besar.

Manfaat buah pepaya ini akan maksimal jika dibarengi dengan minum teh hijau. Kombinasi teh hijau dan pepaya yang kaya likopen akan secara optimal menurunkan risiko kanker prostat. Hal ini diungkapkan oleh penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition.

12. Mengurangi stres

Buah pepaya bisa menjadi salah satu camilan sehat untuk dibawa ke kantor, apalagi jika disantap di tengah stres. Kandungan vitamin C di dalamnya diketahui mampu meredakan stres yang mengisi pikiran Anda sepanjang hari.

Telah diungkapkan oleh para ahli dari University of Alabama bahwa vitamin C sebanyak 200 mg dapat membantu mengontrol hormon stres pada partisipan.

Melihat begitu banyak manfaat buah pepaya untuk kesehatan, maka tentu tidak ada alasan bagi Anda untuk melewatkan buah manis yang satu ini. Yuk, sediakan buah pepaya sebagai pelengkap menu makanan sehari-hari!

Baca Juga : Resep Dan Cara Membuat Sayur Sop Enak Serta Mudah

tags: , , , , , , , , , ,