Perbedaan Tunangan dan Lamaran

Saturday, June 5th 2021. | Fashion

Saat sebelum pernikahan, umumnya ada proses-proses yang penting dilaksanakan oleh pasangan seperti tunangan dan lamaran. Seperti mempersiapkan cincin tunangan forevermark wedding band dari The Palace.

Tetapi sesungguhnya, apa sich sebagai ketidaksamaan lamaran dan tunangan? Apa ke-2 proses saat sebelum menikah ini sama atau sesungguhnya berlainan?

Walau ritus yang sudah dilakukan pada lamaran dan tunangan ini sama, yaitu menggantikan cincin ke jemari manis masing-masing pasangan, rupanya lamaran dan tunangan ini sebagai proses yang lain, lho. Ingin tahu seperti apakah bedanya?

Perbedaan Tunangan dan Lamaran

Lamaran, tunangan kemungkinan keliatannya sich sama, ya! Tetapi rupanya ke-2 ini memiliki beberapa ketidaksamaan. Berikut rincian berkenaan ketidaksamaan di antara ke-2 nya

1. Pengertian

Diawali dari pemahaman lamaran dan tunangan lebih dulu, ya! Bertunangan ialah loyalitas resmi 2 orang untuk menjadikan satu hidup pasangan ke tingkatan yang lebih serius. Tunangan ialah janji bersama dari 2 orang untuk menikah dan lakukan penyiapan untuk menikah.

Dengan langsungkan pertunangan, karena itu pasangan sama memiliki komitmen untuk bawa satu cara semakin maju mengenai kemauan pasangan untuk menikah.

Sementara lamaran ialah sebuah acara yang lebih memiliki sifat tradisi, minta pasangan untuk menikah di depan orangtua dan famili. Lamaran sebuah proses yang bawa jalinan di antara Anda dan pasangan ke tingkatan yang lebih serius kembali.

2. Proses

Acara ganti cincin pada antar calon pengantinSudah tahu ketidaksamaan dari pemahaman lamaran dan tunangan kan? Seterusnya ketidaksamaan itu dapat disaksikan proses dari atau serangkaian acaranya. Sekalinya tunangan dan lamaran sama memberi cincin ke ke-2 jemari manis pasangan, tetap ada ketidaksamaan dari prosesnya.

Secara umum, dari proses tunangan cuman sama-sama berganti cincin saja. Sementara acara lamaran bukan hanya memberi cincin, tetapi bawa seserahan atau mahar untuk calon mempelai wanita.

Jika diurutkan proses saat sebelum menikah diawali dari bertunangan baru lamaran. Lebih dari 80% pasangan rayakan pernikahan mereka dalam kurun waktu kurang setahun sesudah bertunangan. Untuk banyak pasangan dan keluarga, tunangan ialah tanda-pertanda-tandanya awalnya untuk mengawali penyiapan pernikahan.

Sementara adapula pasangan yang melewati proses tunangan dan langsung ke tahapan lamaran. Untuk proses lamaran sendiri dapat satu hari saat sebelum menikah atau optimal lima bulan mendekati pernikahan, berlainan dengan tunangan yang dapat 1 atau bahkan juga tiga tahun untuk diteruskan ke pernikahan.

3. Riwayat

Bila disaksikan dari akar sejarahnya, tunangan ini diawali semenjak tahun 2000 SM. Di Mesir Kuno, beberapa orang memahat tumbuhan sebagai cincin, karena dipercaya jika wujud lingkaran menyimbolkan keabadian. Dengan langkah ini, cincin untuk acara pertunangan menyimbolkan keabadian cinta.

Orang yakin jika pembuluh darah di jemari manis pada tangan kiri mengucur langsung ke jantung seorang yang menggunakannya.

Di tahun 860 A.D, Paus Nicholas I mengharuskan pasangan yang berada di Romawi untuk kenakan cincin emas untuk menyimbolkan kebersama-samaan pasangan saat sebelum pernikahan . Maka, pertunangan berdasar riwayat benar-benar sangat sama dengan acara ganti cincin.

Sementara lamaran ini sebagai acara yang disaksikan dari sejarahnya merujuk pada istilah khitbah dalam agama Islam. Lamaran lebih ke ajak seorang atau minta kesediaannya untuk menikah. Lamaran tidak harus berganti cincin karena yang paling penting ialah kesungguhan ajak ke pernikahan.

Lamaran sendiri prosesinya lebih ke tradisi tradisionil masing-masing wilayah. Bila umumnya orang yang melamar ialah lelaki, karena itu ada banyak daerah yang lain seperti Trenggalek, Lamongan dan Minang, di mana wanitanya yang melamar.

Pada acara lamaran ini, harus ada seserahan yang harus diberi dan ada banyak tradisi yang tentukan jumlah atau nominal seserahan yang perlu dikasih ke pasangan.

Ringkasan

Dari beberapa keterangan di atas, pasti sudah dapat dimengerti apa sebagai ketidaksamaan lamaran dan tunangan kan? Lamaran ialah proses satu cara semakin maju bila diperbandingkan dengan tunangan.

Bergantung pada persetujuan pasangan, ada langsung menikah dan melalui pertunangan, tetapi adapula yang memakai proses pertunangan lebih dulu.