Sebutkan Buah-Buahan Yang Bisa Dibuat Manisan Kering! Yuk Simak!

Monday, June 21st 2021. | kuliner, Uncategorized

Sebutkan Buah-Buahan Yang Bisa Dibuat Manisan Kering- Sepertinya semua orang sudah tahu apa itu manisan buah. Cara membuat manisan buah adalah dengan merendam buah dalam larutan gula. Manisan dibuat dengan tujuan sebagai perangsang nafsu makan, camilan, dan merupakan teknik pengawetan makanan alami.

Manisan buah kering juga bisa membuat buah yang asam atau pahit terasa manis, sehingga lebih banyak orang yang bisa memakannya. Nah, Penasaran kan buah apa saja yang enak untuk dijadikan manisan kering? Yuk Simak dibawah ini !

Jenis Jenis Manisan

Sebelum masuk ke sebutkan buah-buahan yang bisa dibuat manisan kering, alangkah baiknya kita mengenal dulu jenis jenis manisan. Yuk Simak!

Ada tiga jenis manisan buah, yaitu manisan kering, manisan basah, dan asinan atau acar. Untuk buahnya sendiri ada yang dapat dibuat manisan kering, manisan basah, atau bahkan bisa keduanya.

  • Manisan Kering

Yang pertama yaitu manisan kering, jenis manisan ini merupakan manisan yang dibuat dengan cara merendam buah, kemudian ditiriskan dan dijemur. Manisan kering mempunyai umur simpan yang lebih lama daripada permen basah.

Biasanya manisan kering dibuat dari buah-buahan yang bertekstur lembut seperti kedongdong, bengkuang, asam jawa, pala, jambu mete, jeruk, lemon, terong, buah kundur/bligo, hingga semangka.

  • Manisan Basah

Manisan basah merupakan manisan yang dibuat dengan cara meniriskan buah dalam larutan gula.

Nilai tambah dari manisan ini adalah memiliki kadar air yang lebih banyak dibandingkan dengan manisan kering dan bentuknya lebih menarik karena tetap apa adanya.

Biasanya manisan ini terbuat dari buah-buahan yang keras seperti kolang kaling, mangga, salak, pepaya, kedongdong, ceremai, belimbing, nangka, dan jambu biji.

  • Acar

Yang terakhir adalah acar. Mungkin Anda mengira acar adalah bagian dari salad karena rasanya yang asam. Tapi, itu acar sayuran. Sedangkan acar di sini adalah acar manisan.

Biasanya manisan acar ini memiliki rasa cuka yang sangat kuat. Manisan acar biasanya terbuat dari mentimun, kedongdong, dan wortel.

Sebutkan Buah-Buahan Yang Bisa Dibuat Manisan Kering!

Sebutkan Buah-Buahan Yang Bisa Dibuat Manisan Kering!

Setelah mengetahui jenis-jenis manisan, sekarang mari kita bahas buah-buahan yang sering dijadikan manisan dan cara membuatnya, yuk! 9 Buah Yang Sering Dijadikan Manisan Kering.

1. Mangga

Buah pertama yang sering dijadikan manisan kering adalah mangga. Buah ini mudah ditemukan di Indonesia, karena negara kita adalah negara tropis. Mangga yang biasa dijadikan manisan kering adalah mangga yang masih muda, sehingga teksturnya masih agak keras dan rasanya masih asam.

2. Salak

Buah salak merupakan buah yang sering dijadikan sebagai pemanis kedua. Buah ini memiliki kandugan beta karoten yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh terutama otot mata. Salak juga bekerja aktif sebagai obat diare, karena banyak mengandung serat.

Buah ini juga bisa menjadi alternatif cemilan bagi anda yang sedang diet, karena salak mengandung nutrisi dan fitonutrien yang dapat menunjang program diet. Dan ternyata buah salak dipercaya oleh para ahli untuk memberikan nutrisi seimbang bagi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

3. Pepaya

Pepaya juga sangat populer untuk dibuat manisa, baik manisan kering maupun basah. Untuk membuat manisan pepaya, dibutuhkan buah pepaya yang masih mentah (masih mentah/mangkel). Untuk cara membuat manisan pepaya kering Anda bisa membacanya di sini Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Enak dan Praktis.

4. Stroberi

Stroberi sering dibuat menjadi manisan buah kering apa adanya. Ada juga yang memusnahkan strawberry, lalu membuatnya benar-benar menjadi permen, lalu ada juga yang membuat manisan agar-agar dari strawberry.

5. Jeruk

Jeruk juga merupakan buah yang sering dijadikan sebagai manisan. Tak hanya buahnya, kulit jeruk juga enak untuk dibuat manisan, lho!

6. Nanas

Tahukah Anda bahwa nanas dapat membantu pencernaan? Seperti kebanyakan buah dan sayuran lainnya, nanas memiliki kandungan serat yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan, terutama usus.

Nanas juga dapat bekerja dengan cepat untuk meredakan mual. Mungkin itu sebabnya banyak ibu hamil yang mendambakan nanas ya? Penasaran bagaimana cara membuat manisan nanas kering ? Yuk klik berikut ini caranya Cara Membuat Manisan Nanas Kering Dijamin Endulita.

7. Kiwi

Antihipertensi adalah nama tengah dari buah kiwi. Ya, buah berwarna hijau dan kuning ini mengandung potasium yang dikenal sebagai mineral penurun tekanan darah tinggi. Buah kiwi juga dapat menangkal radikal bebas. Anda sering cepat lupa? Yuk perbanyak makan kiwi agar terhindar dari alzheimer.

8. Nangka

Nangka dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dan antioksidan alami pada buah nangka.

Buah ini juga mampu melawan sel kanker, lho! Kandungan fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang terkandung dalam buah nangka dapat menahan dan melawan penyebaran sel kanker dalam tubuh kita. Jadi tunggu apa lagi, yuk kita buat manisan kering dari nangka!

9. Ceremai

Buah terakhir yang sering dijadikan manisan adalah ceremai. Buah ini berukuran kecil dan memiliki rasa asam yang sedikit manis. Sekarang, mari kita membuat manisan kering dari buah ceremai.

Itulah sepuluh buah-buahan yang sering dijadikan manisan kering. Manisan kering merupakan cara alternatif yang bagus jika Anda tidak suka makan buah. Dan juga bisa mengobati selera makan maupun nafsu makan anak anda. Yuk, stok manisan buah kering di rumah!

Baca Juga : Cara Membuat Manisan Salak Kering