Cara Bikin Peyek Udang Kecepe Sederhana

Wednesday, July 7th 2021. | Uncategorized

Pada artikel kali ini saya akan berbagi cara bikin peyek udang yang mudah dan bisa kamu coba dirumah. Peyek udang ini menjadi camilan yang cocok buat kamu yang ingin bersantai dan menikmati waktu luang. Selain itu, peyek udang ini juga cocok buat dimakan sebagai lauk ataupun bahan tambahan makanan.

Jenis Udang yang Enak Dikonsumsi

Salah satu pecinta seafood yang paling digemari adalah udang. Tekstur daging yang lembut dan kemudahan pengolahan menjadi alasan utama. Udang bisa digoreng, dipanggang, atau hanya dikukus. Selain itu, udang juga dapat digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan lain, seperti kerupuk, bakwan atau terasi.

Nah, ada banyak jenis udang yang bisa Anda temukan di pasaran sendiri. Biasanya pengolahannya tergantung jenisnya. Berikut jenis udang yang bisa diolah menjadi menu yang enak.

1.Udang Jerbug

Udang Jerbung juga sering disebut sebagai udang putih. Udang jenis ini sering kita jumpai di pasaran. Kulitnya tipis dan halus dengan warna putih agak kekuningan. Indonesia merupakan salah satu negara dengan penghasil udang jerbung terbesar di dunia.

2.Udang Peci

Udang peci adalah varian lain dari udang jerbung. Udang peci biasanya berwarna putih namun lebih gelap dengan bintik hitam. Jenis king prawn dan udang cap dapat digunakan dalam berbagai olahan masakan, seperti: digoreng atau dibuat asam manis. Namun, jenis udang ini tidak cocok untuk dipanggang karena mudah terbakar karena kulitnya yang tipis.

3. Udang Galah

Udang raja merupakan salah satu jenis udang air tawar. Udang ini juga sering disebut sebagai udang cokong atau udang air tawar. Warnanya kebiruan, kukunya sangat panjang, dengan kepala besar. Sangat cocok untuk dibakar dengan cara dibakar karena struktur kulitnya keras dan kencang.

4. Udang Pancet

Udang pancet juga dikenal sebagai udang windu atau udang windu. Kulitnya tebal dan keras dengan warna hijau atau merah dan garis horizontal sedikit lebih gelap. Cocok untuk diolah dengan cara dibakar, dijenuhkan atau dibuat manis dan asam.

5. Udang Rebon

Udang rebon berukuran paling kecil di antara spesies lainnya. Tingginya hanya 2-3,5 sentimeter. Cocok sebagai pelengkap aneka masakan yaitu rempeyek, botok atau sambal udang, dan sebagainya. Jadi untuk peyek atau ingin bahan pelengkap makanan bisa pakai udang ini, akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan udang lainnya.

Cara Bikin Peyek Udang Kecepe Sederhana

cara bikin peyek udang kecepe

Jadi disini saya akan kasih tau cara bikin peyek udang, tapi kali ini bukan udang rebon melainkan udang kecepe atau udang yang sudah kering. Berbeda dengan rebon yang basah, tetapi rasa dari udang ini tetap enak menggugah selera. Berikut ini cara buatnya.

Bahan yang akan digunakan:

  • 600 – 800 ml air bersih
  • 500 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka
  • 8 lembar daun jeruk rajang tipis tipis
  • 2 butir telur ayam
  • 1 ons udang kering ukuran kecil atau udang kecepe
  • 1 bungkus santan kara 65 ml

Bahan bumbu halus:

  • 9 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 2 sdt garam, atau bisa menyesuaikan selera
  • 1 sdm kunyit bubuk
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 1 sdt merica

Bahan lainnya:

  • minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat peyek udang kecepe sederhana:

  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan, untuk udangnya tidak usah dicuci karena udang kering.
  2. Kemudian campurkan semua bahan bumbu halus dengan cara diulek sampai halus ataupun diblender dan masukkan air 3/4 bagian menyesuaikan tekstur menjadi kental.
  3. Jika sudah berair dan mengental siapkan dengan memasukkan tepung, daun jeruk, santan kara, telur ayam, dan seuaikan air lagi. Campurkan kedalamnya juga udang kecepe.
  4. Panaskan minyak goreng dengan api kecil agak sedang, kemudian goreng adonan peyek udang kecepe sedikit demi sedikit dan koreksi rasa. Goreng dengan menuangnya sedikit demi sedikit pada tepi wajan. Lakukan sampai adonan peyek habis.
  5. Jika sudah digoreng, tiriskan dengan mesin peniris minyak, usahakan minyak sampai tidak tersisa agar peyek tahan lama dan renyah. Lalu jika sudah dingin dan tidak ada minyaknya, simpan pada wadah kedap udara.

Untuk kebutuhan mesin dalam usaha anda: Rumah Mesin

Penutup

Jadi sekian artikel dari saya tentamng cara bikin peyek udang dan sedikit ulasan lain tentang jenis udang yang cocok untuk dimasak yang biasa ditemui di pasaran. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan tentang udang dan bagaimana cara memasaknya terutama buat dibikin peyek.

Saya cukupi sampai sini dan sampai jumpa.

tags: , , , ,