Cara Menjaga Kemampuan Otak

Thursday, July 8th 2021. | Uncategorized

Otak adalah salah satu organ tubuh paling penting yang dimiliki manusia. Tugasnya sangatlah berat. Otak bertugas salah satunya untuk memproses informasi dari luar. Untuk melakukannya, otak tentu saja tidak dapat bekerja sendiri. Ia membutuhkan beberapa hal termasuk energi untuk melakukan pekerjaannya. Selain energi, apa lagi yang bisa membantu otak sehingga dapat optimal dalam mengerjakan tugasnya?

Ajak Otak Berolahraga

Salah satu cara meningkatkan kemampuan otak adalah dengan mengajaknya berolahraga. Eits, olah raga otak tentunya berbeda dengan olah raga fisik ya. Olah raga otak dapat dilakukan salah satunya dengan membuatnya berpikir.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengajak otak berolahraga adalah bermain catur. Selain itu, mengerjakan teka teki silang (TTS) juga dapat membantu otak berolahraga. Ingat, sebagaimana saat berolahraga fisik, jangan paksakan otak untuk terus berolahraga. Berikan istirahat yang cukup juga.

Jangan Sakiti Otak

Selanjutnya, jaga baik-baik otak yang kita miliki. Jangan lakukan aktivitas yang berpotensi merusak sistem kerja otak. Beberapa aktivitas yang dapat merusak otak adalah kurang tidur, terlalu banyak mengonsumsi junk food, dan tidur yang tidak teratur.

Jika kita masih sering melakukan aktivitas-aktivitas tersebut, ada baiknya untuk mulai mengubah perilaku. Kurangi pelan-pelan jika langsung menghentikannya seketika terasa berat. Dengan demikian, kita dapat membantu otak menjaga kesehatannya.

Makan-makanan Bergizi

Dalam melakukan pekerjaannya, otak membutuhkan asupan energi. Energi di sini dapat berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Supaya otak dapat tetap sehat, ada perlunya kita memperhatikan apa-apa saja yang masuk ke dalam tubuh kita. Usahakan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran juga selain daging serta karbohidrat. Hindari makanan kurang sehat seperti makanan cepat saji. Selain itu, konsumsi makanan dan minuman juga perlu diseimbangkan. Jangan terlalu banyak dan jangan pula terlalu sedikit.

Oke, demikian beberapa tips menjaga kemampuan dan kesehatan otak yang bisa diaplikasikan. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.