Proses Pengkondisian Udara pada Sistem HVAC

Thursday, July 15th 2021. | Uncategorized

Proses pengkondisian udara pada sistem HVAC berawal dari mesin chiller yang bekerja untuk menghasilkan air dingin. Kemudian air dingin tersebut didistribusikan oleh pompa ke air handling unit (AHU) atau Fan Coil Unit (FCU). 

Udara akan dialirkan melewati coil AHU dan FCU dimana di dalamnya mengalir air dingin yang dihasilkan oleh mesin chiller.

Udara yang melewati coil AHU dan FCU temperaturnya akan menjadi lebih rendah setelah bertukar kalor dengan air dingin yang melewati coil AHU.

Udara dengan temperatur yang rendah dan relatif humidity tertentu nantinya akan disalurkan ke ruangan-keruangan dan akan meningkatkan kenyamanan dari penggunaanya.


Prinsip AHU dan FCU

AHU merupakan suatu alat penukar panas udara. Udara luar yang temperaturnya lebih tinggi masuk ke AHU yang di dalamnya terdapat rangkaian pipa air dingin dan kipas angin. 

Kemudian udara yang menjadi dingin ini dihembuskan oleh kipas angin ke dalam beberapa ruangan. 

Di dalam saluran air dingin dilengkapi dengan katup yang bekerja untuk mengendalikan temperatur udara kering. Ketika batas bawah temperatur ruangan telah tercapai, maka katup akan menutup yang membuat temperatur udara di dalam ruangan akan berangsur-angsur naik.

Demikian pula ketika temperatur udara di dalam ruangan telah mencapai batas atasnya, maka katup akan terbuka kembali, sehingga temperatur udara didalam ruangan berangsur-angsur dingin. 

Kombinasi penggunaan AHU dan FCU biasanya diperlukan pada suatu ruangan yang bebannya seringkali berubah-ubah, namun kenyamananya diharapkan tetap.

Sehingga dalam kondisi beban berubah seperti ini FCU akan berperan untuk mengkondisikan udara di tiap bagian ruang dapat tercapai. Namun  FCU tidak bekerja ketika kondisi ruangan tersebut masih tetap.

Berikut ini adalah komponen utama dari FCU dan AHU:

  • Motor listrik dan kipas udara (fan)
  • Koil pendingin
  • Saringan udara (filter)
  • Damper (untuk pengaturan banyaknya udara catu ke FCU).

Itulah ulasan mengenai sistem Pre filter HVAC. Pengkondisian udara merupakan salah satu hal yang paling penting dalam suatu industri atau gedung.

Karena dengan sistem pengkondisian udara yang baik akan menghasilkan udara segar sehingga diperoleh kenyamanan yang baik bagi manusia, mesin maupun lingkungan yang berada dilingkungan sekitar.

Karena dengan tingkat kenyaman yang baik akan meningkatkan kinerja dari manusia maupun mesin yang digunakan.