Cara Membuat Otak Otak Udang Mudah, Enak, dan Lezat

Thursday, July 22nd 2021. | Uncategorized

Di artikel kali ini akan saya bagikan bagaimana cara membuat otak otak udang yang sangat mudah. Otak otak udang ini cocok disajikan sebagai camilan sehari hari yang tentu rasanya enak. Selain itu makanan ini cocok di kalangan anak anak sampai remaja deh.

Otak-otak adalah hidangan yang terbuat dari ikan kembung cincang yang dibungkus dengan daun pisang, dipanggang dan disajikan dengan saus asam pedas. Jajanan ini populer di daerah sekitar Selat Malaka dan Karimata, seperti Kepulauan Riau, Singapura dan Malaysia, tetapi juga di berbagai kota di Sumatera dan Jawa. Di Malaysia, Muar terkenal dengan otak-otak. Di Indonesia sendiri, otak tersebar luas di Tanjung Pinang dan Palembang.

Tips Bikin Otak Otak

Ada beberapa tips dalam membuat otak otak udang yang enak. Otak-otak biasanya dikukus, dipanggang, lalu disajikan dengan sambal. Namun, beberapa orang menggunakan saus kacang. Otak-otak direkomendasikan bagi mereka yang ingin menyiapkan makanan ringan berbahan dasar ikan. Sekarang mari kita lihat apa yang harus diperhatikan saat membuat otak-otak dan pastikan hasilnya garing di dalam dan garing di luar. Itulah rahasianya!

1.Perhatikan saat mengolah adonan

Jenis tepung yang biasa digunakan sebagai campuran adonan untuk membuat otak otak kenyal adalah tepung tapioka. Tepung singkong berkualitas tinggi dengan aroma alami, putih, bersih dan berbutir halus BOLA Deli tepung tapioka membuat masakan menjadi lembut dan gurih secara alami.

2. Campurkan santan dengan tepung secara bertahap

Anda juga dapat menambahkan rasa dan meningkatkan rasa dengan menggunakan santan dalam campuran Otak-otak dan Otak-otak. Haluskan daging ikan dengan bahan lain seperti bawang merah dan bawang putih yang dicincang halus. Kemudian tambahkan garam, gula dan merica sambil diuleni. Kemudian masukkan santan secara bertahap. Setelah santan tercampur dengan adonan, masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit.

3. Bungkus otak otak memakai daun pisang

Pertama, ambil satu sendok makan adonan dan letakkan di atas daun pisang. Cara ini dilakukan agar adonan terbungkus rapi. Kemudian tekan datar menjadi persegi panjang. Bungkus kedua ujungnya dengan tusuk gigi untuk mengamankannya.

Cara Membuat Otak Otak Udang

cara membuat otak otak udang

Mencari inspirasi untuk resep otak udang unik? Itu tidak sulit dan tidak mudah untuk dilakukan. Jika Anda melakukan kesalahan, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan Anda akan rentan terhadap hasil yang tidak menyenangkan. Otak udang yang lezat harus memiliki aroma dan rasa yang merangsang indera pengecap kita.

Kualitas rasa otak udang dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari jenis bahan, pemilihan bahan segar, hingga cara pengolahan dan pengiriman. Jika Anda ingin membuat otak otak udang yang enak di mana saja, jangan khawatir. Asal tahu triknya, sajian ini akan menjadi suguhan istimewa.

Ada beberapa cara sederhana dan praktis yang bisa digunakan untuk mengolah otak udang yang siap dibuat. Anda bisa membuat otak udang menggunakan 9 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Beginilah cara kami memasak.

Resep Otak Otak Udang

Berikut ini akan saya sampaikan cara membuat otak otak udang sederhana, asalkan dibuat dengan perasaan rasanya akan sama seperti yang saya tulis di judul. Simak resep berikut ya…

Bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram udang, kupas bersih kulitnya
  • 100 gram tepung sagu, bisa diganti memakai tepung tapioka
  • 4 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • garam dan gula, masing masing 1 sendok teh atau secukupnya menyesuaikan
  • air es secukupnya untuk merendam otak otak

Cara Membuat Otak Otak

  1. Siapkan pengolah makanan. Masukkan ke wadah udang, bawang merah, bawang putih, telur, garam, gula dan juga merica bubuk. Blender hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Siapkan mangkuk besar. Tuang udang yang sudah diparut. Tambahkan tepung sagu dan daun bawang cincang. Aduk dan uleni dengan tangan hingga rata.
  3. Ambil sedikit adonan lalu gulung dengan tangan hingga kedua ujungnya membulat.
  4. Didihkan air dalam panci. Rebus adonan otak-otak pada air mendidih sampai adonan mengapung diatas. Angkat dan rendam dalam air es. Selokan.
  5. Goreng udang dalam minyak cabai sampai berwarna cokelat keemasan. Angkat dan masuk.
  6. Anda dapat menikmati otak otak udang yang telah matang

Jadi itulah cara membuat otak otak udang dan tipsnya. Jika kamu kebingunan membungkus udang ini bisa menggunakan vacum sealer untuk membungkusnya supaya udang tetap segar dan enak. Selain itu vacum sealer ini juga bisa membungkus bahan makanan lain seperti ikan dan aneka olahan daging.

Untuk resep lainnya dengan bahan utama tepung bisa disimak juga resep ayam tepung. Jika kamu pengen resep lain yang saya cetak tebal tersebut silakan ficoba. Dan dalam membuat otak otak udang ini perhatikan resepnya ya. Sampai jumpa

tags: , , , ,