Cara Mengolah Pupuk Kandang Kambing Dengan Mudah

Tuesday, September 7th 2021. | Uncategorized

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara mengolah pupuk kandang kambing. Namun sebelum itu tahukah kamu apa itu pupuk kandang?

Pupuk Kandang

Pupuk kandang yakni olahan kotoran hewan, umumnya ternak, yang diberikan pada lahan pertanian buat memperbaiki kesuburan serta struktur tanah. Jenis pupuk kandang merupakan pupuk organik, sebagaimana kompos serta pupuk hijau.

Zat hara yang dikandung pupuk kandang bergantung dari sumber kotoran bahan bakunya. Pupuk kandang ternak besar kaya akan nitrogen, serta mineral logam, semacam magnesium, kalium, serta kalsium. Pupuk kandang ayam mempunyai kandungan fosfor lebih besar. Tetapi, khasiat utama pupuk kandang yakni mempertahankan struktur fisik tanah sehingga akar bisa berkembang dengan baik.

Cara Mengolah Pupuk Kandang Kambing

Dengan Metode Terbuka:

  • Jemur kotoran kambing di bawah cahaya matahari selama 2 hari biar kandungan airnya menurun.
  • Sehabis dijemur, pindahkan ke posisi yang beratap, tetapi tanpa dinding supaya perputaran udara lancar. Biarkan selama 2 mingu hingga matang. Hendaknya tempat penumpukan ini lenih besar dari tanah di sekitarnya, supaya kala turun hujan timbunan kotoran kambing tidak tergenang.
  • Sehabis 2 bulan, kotoran kambing sudah jadi pupuk kandang yang siap dipakai.

Dengan Metode Tertutup:

  • Buatlah lubang di tanah dengan ukuran sesuai jumlah kotoran kambing yang hendak diproses. Hendaknya, dinding lubang dilapisi semen untuk menghindari rembesan air dari luar lubang. Dasar lubang dibiarkan apa adanya supaya air yang masih ada pada kotoran dapat menyerap ke dasar.
  • Masukkan kotoran sapi kedalam luang, namun jangan hingga penuh.
  • Buat menghindari proses pengemasan, taburkan kapur pertanian secara tipis menyeluruh ke atas permukaan kotoran, kemudian timbun degan tanah.
  • Biarkan selama 3– 4 bulan hingga kotoran sapi terdekomposisi secara sempurna jadi pupuk yang siap dipakai.

Jenis Pupuk Kandang Lainnya

1. Kotoran Ayam

Peternakan ayam umumnya menghasilkan limbah kotoran yang dapat digunakan sebagai pupuk kandang. Jenis pupuk kandang yang satu ini sangat diminati para petani, sebab reaksinya cepat. Pupuk ini pula sangat cocok buat sayuran daun dengan siklus tanam yang rata- rata pendek.

Kotoran ayam megandung unsur N yang dibutuhkan buat tumbuhan, yang jumlahnya 3 kali lebih banyak dibandingkan kotoran ternak yang lain. Terlebih, unsur N pada kotoran ayam sanggup diserap tumbuhan secara langsung, sehingga proses dekomposisi cenderung dilewatkan.

Pupuk dari kotoran ayam pula mempunyai bau yang tidak sekuat pupuk kandang yang lain. Pupuk kandang ayam umumnya diperoleh dari kombinasi sekam padi yang digunakan para peternak selaku alas kandang. Kandang yang dibersihkan hendak diperoleh kotoran yang bercampur dengan sekam padi tersebut.

2. Kotoran Sapi

Pemakaian kotoran sapi untuk petani pedesaan tidaklah perihal baru. Tetapi untuk owner kebun rumahan, kotoran sapi dianggap perihal yang menjijikan. Sementara itu, kotoran sapi menaruh banyak khasiat untuk kesuburan tumbuhan.

Kotoran sapi memiliki serat yang besar, yang berfungsi dalam memperbaiki sifat fisik tanah. Tanah liat sampai tanah berpasir sekalipun dapat jadi gembur apabila ditambahkan dengan pupuk kandang sapi dalam jumlah yang lumayan.

Kotoran sapi dapat dikatakan matang serta telah dapat digunakan apabila sudah mengalami proses dekomposisi sempurna. Ini diisyarati dengan rupanya yang gelap hitam, tidak lengket, gembur, tidak berbau, serta dingin apabila disentuh.

3. Air Kemih Ternak( urine)

Urine hewan ternak pula dapat dijadikan sebagai pupuk kandang cair buat tumbuhan. Urine mempunyai kandungan nitrogen besar dari hasil perombakan metabolisme protein. Tidak hanya itu, urine pula kaya akan sulfur D.

Jika Anda sedang membuat pupuk kompos Anda bisa menggunakan mesin pencacah kompos agar lebih mudah. Pembuatan kompos dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan- bahan organik yang sudah dicacah dengan mesin pencacah sampah organik

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat.