Cara Membuat Roti Maryam Anti Gagal

Wednesday, September 8th 2021. | Uncategorized

Hai apakabar semua? Gimana alhamdulillah harapannya selalu sehat pastinya. Pada artikel kali ini akan membahas tentang “Cara Membuat Roti Maryam Anti Gagal”. Roti maryam berbahan dasar dengan tepung terigu dan telur saja , namun biasa menjadi makanan yang istimewa, mau tau caranya gimana ? Yuk simak pembahasannay berikut ini !

Cara Membuat Roti Maryam Anti Gagal

Roti Maryam atau Roti Cane adalah istilah populer di Indonesia untuk olahan kuliner yang dulu sering dijumpai di restoran-restoran Timur Tengah. Namun saat ini, Roti Maryam mudah ditemukan di jajanan pinggir jalan. Rasanya pun mulai beragam, mulai dari taburan gula halus yang sederhana, topping cokelat hingga dagingnya.

Bahan – Bahan :

  • -Tepung Terigu 600 gram
  • -1 butir telur utuh dan 1 kuning telur
  • -Garam 1/2 sdt
  • -Gula halus 1 sdm
  • -Margarin cair 50 gram
  • -Minyak 70 ml
  • -280 ml susu cair hangat
  • -Margarin cair untuk olesan
  • -Minyak untuk merendam adonan


Jika semua bahan sudah siap, mari kita lihat cara membuatnya di bawah ini!

Langkah – Langkah :

  1. Campur tepung, gula dan garam. Aduk rata dan sisihkan.
  2. Di wadah lain, campur susu, minyak goreng, margarin cair, dan telur. Aduk rata menggunakan garpu atau whisk.
  3. Tambahkan campuran susu ke dalam campuran tepung, aduk rata dan uleni hingga kalis. Jika adonan masih keras, tambahkan susu cair. Bulatkan dan diamkan selama 30 menit. Tutup adonan dengan kain bersih.
  4. Bagi adonan menjadi bola-bola dan rendam dalam minyak selama 1-2 jam.
  5. Ambil satu bola adonan, gulung setipis mungkin (jangan dilubangi!)
  6. Olesi permukaannya dengan margarin tipis-tipis lalu potong dengan pisau tajam dengan arah memanjang, biarkan ujung-ujungnya tidak pecah.
  7. Gulung adonan yang sudah dipotong-potong, lalu tarik perlahan dengan kedua tangan sambil dipelintir sedikit agar menjadi panjang. Gulung sebagai obat nyamuk dan biarkan selama 10 menit.
  8. Ambil adonan, pipihkan perlahan di atas loyang hingga adonan mengembang tipis dan bulat.
  9. Panggang roti di teflon dengan api kecil. Setelah dibolak-balik, olesi margarin di kedua sisi permukaannya.
  10. Setelah matang, keluarkan dari teflon dan sajikan dengan topping pilihan Anda.

Manfaat Roti Maryam

Beberapa orang Asia mulai mengganti konsumsi nasi harian mereka dengan roti marya. Mereka pikir nasi lebih mudah diambil, jadi lebih baik makan roti maryam. Ada juga yang beranggapan bahwa roti ganja sulit dicerna, sehingga makanan pokok yang paling baik adalah tetap nasi. Manakah pernyataan yang sebenarnya benar? Temukan jawaban tentang kandungan nutrisi nasi dan roti maryam seperti yang dilansir Boldsky (16/07).

Karbohidrat


Dibandingkan nasi, kandungan karbohidrat dalam roti maryam lebih tinggi. Karbohidrat kompleks dalam roti Maryam juga mempengaruhi pencernaan. Jika Anda cukup keras untuk mencerna, Anda harus makan nasi untuk mencegah masalah perut.

Kemalasan


Ada orang yang mengatakan bahwa mereka merasa mengantuk dan lesu setelah makan nasi. Hal ini dikarenakan konsumsi nasi meningkatkan kadar gula darah sehingga yang memakannya menjadi malas. Jika Anda makan roti marya sementara, Anda tidak akan merasa malas setelah menikmatinya.

Lemak


Kandungan lemak dalam nasi cukup tinggi dibandingkan dengan roti maryam. Jadi orang gemuk harus makan roti maryam.

Serat


Roti Maryam mengandung karbohidrat kompleks yang membuatnya lebih lengket daripada nasi. Serat pasti sangat bermanfaat untuk pencernaan. Namun bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan, jangan terlalu banyak mengonsumsi roti ganja.

Roti Maryam dan nasi memiliki kelebihan dan kekurangan bagi tubuh. Gunakan informasi di atas sebagai panduan untuk konsumsi roti dan nasi marya yang tepat dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Asal Usul Roti Maryam

Renyah di luar namun lembut di dalam, roti prata selalu memuaskan lidah. Flatbread India Selatan ini dibuat dengan menyajikan adonan memanjang yang ditaburi ghee (mentega India) dengan kari ikan atau kambing.

Roti memiliki arti yang sama dalam bahasa Indonesia, sedangkan prata atau paratha berarti “hidangan” dalam bahasa Hindi. Beberapa orang mengira hidangan ini dikembangkan dari resep pancake yang berasal dari Punjab di India, tetapi di luar negeri roti pipih ini disebut roti canai, yang menurut sebagian orang berasal dari Chennai.

Tidak peduli dari mana asalnya, roti prata enak dimakan kapan saja sepanjang hari. Sementara versi klasik disajikan polos atau penuh telur, menu paratha di Singapura kini menawarkan berbagai variasi modern seperti keju, cokelat, es krim, dan bahkan durian – berubah dari hidangan utama menjadi hidangan penutup.

Adonan yang berbeda
Dari sekian banyak toko prata Singapura yang buka hingga larut malam, Anda akan menemukan berbagai macam adonan, dari yang lembut dan lengket hingga yang super renyah, dengan sebagian besar tekstur antara rapuh dan lembut.

Bagian tersulit dari menyiapkan prata adalah menggulung adonan, dan ini adalah pertunjukan yang bagus. Perhatikan pembuat prata membalik adonan sampai setipis kertas dan empat sampai lima kali lebih besar dari aslinya. Setelah melipat lembaran tipis ini menjadi bentuk persegi panjang, ia memasak prata di atas wajan kecil yang diolesi minyak.

tags: , , , ,