Resep Rendang Daging Sapi Padang

Wednesday, September 8th 2021. | Uncategorized

Pada artikel kali ini saya akan membahas resep rendang daging sapi padang. Caranya sangatalah mudah dan sederhana yang tentunya dapat kamu lakukan sendiri dirumah. Simak artikel berikut ini untuk lebih jelasnya!

Daging Sapi

Resep Rendang Daging Sapi Padang

Adalah daging yang diperoleh dari sapi yang umum dan banyak digunakan untuk konsumsi makanan. Di setiap daerah, penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung cara pengolahannya.

Misalnya, beef chops, chops dan T-bones sangat umum digunakan di Eropa dan Amerika Serikat sebagai bahan untuk membuat steak, sehingga bagian daging ini dipasarkan secara luas. Namun seperti halnya di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya, daging ini banyak digunakan untuk makanan bercita rasa dan santan seperti konro dan sop rendang.

Cara Memilih Daging Sapi yang Baik

Perhatikan warna daging:

Daging segar berkualitas tentu berbeda dengan daging busuk. Cara termudah untuk memahami kualitas daging adalah dari warnanya. Daging sapi segar berwarna merah dan segar. Selain itu, warna dagingnya tidak pucat dan tidak kotor.

Warna daging bervariasi secara genetik dan umur tergantung pada jenis hewan, misalnya daging sapi lebih gelap dari daging sapi susu, daging sapi muda lebih terang dari daging sapi matang. Rasa dan aroma dipengaruhi oleh jenis pakan. Daging yang berkualitas baik memiliki rasa yang gurih dan aroma yang harum.

Tekstur daging

Daging sapi segar memiliki tekstur yang kenyal. Peras dagingnya sedikit, jika kembali ke posisi semula berarti dagingnya masih baru dan segar. Hal ini berbeda dengan daging yang membusuk, dimana daging terasa lembek saat ditekan.

Wewangian / Aroma

Daging segar memiliki aroma yang segar atau dengan kata lain bau “sapi” yang khas. Sedangkan daging yang busuk akan menimbulkan bau busuk atau asam.

Tidak Berair

Saat Anda membeli daging, Anda sering melihat cairan berwarna merah yang terlihat seperti darah. Cairan itu bukan darah tetapi “jus” daging. Kelembaban normal pada daging memiliki permukaan yang relatif kering yang memungkinkan untuk menahan pertumbuhan mikroorganisme dari luar. Ini mempengaruhi umur simpan daging.

Kelembutan

Keempukan daging ditentukan oleh kandungan jaringan ikatnya. Semakin tua hewan, semakin besar susunan jaringan ikatnya, sehingga daging yang dihasilkan semakin keras. Meremas dengan jari akan memberikan tekstur kenyal pada daging yang sehat.

Kandungan Lemak

Kandungan lemak (marbling) adalah lemak yang terletak di antara serat otot (intramuskular). Lemak bertindak sebagai selubung otot dan menjaga keutuhan daging saat dipanaskan. Marbling mempengaruhi rasa.

Cek Sertifikat Halal

Pemasok atau penjual daging yang profesional dan halal harus memiliki izin halal dari MUI. Pastikan Anda membeli daging dari penjual/supplier daging yang memiliki lisensi halal.
Usahakan beli daging yang tidak lari karena kalau cair, dagingnya sudah cukup lama di udara.

Cara Membuat

Resep Rendang Daging Sapi Padang

Bahan

  • 1 kg daging sapi
  • 3 butir kelapa, ambil santan kental dan santan yang sudah di skim
  • 4 lembar daun jeruk
  • 3 batang serai, memarkan
  • 4 butir asam kandis
  • 100 ml minyak goreng
  • 5 gram garam Daging sapi bumbu rendang 1 Kg :
  • 60 gram bawang merah
  • 50 gram bawang putih
  • 250 gram paprika merah besar
  • 100 gram lengkuas
  • 50 gram kemiri
  • 2 gram cengkeh

Langkah-langkah Pembuatan

  1. Campur semua bahan dressing dengan cara ditumbuk atau diaduk.
  2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng hingga harum.
  3. Tambahkan serai, daun jeruk, asam kandis dan garam, aduk rata.
  4. Tuang santan dan didihkan, tambahkan daging.
  5. Masak dengan api kecil selama beberapa jam hingga daging empuk dan bumbu berwarna cokelat keemasan sesuai keinginan.

Kandungan Gizi Rendang

Resep Rendang Daging Sapi Padang

Pengolahan rendang tidak dapat dipungkiri dan akan mempengaruhi nilai gizinya baik secara positif maupun negatif. Di sisi positifnya, pengolahan yang kompleks akan memudahkan usus mencerna daging, karena tekstur daging menjadi lebih empuk.

Selain itu, jenis protein daging rendang paling mudah dicerna dibandingkan dengan daging mentah dan daging kalio. Jadi, ketika melewati usus, asam amino dari daging rendang akan lebih banyak diserap dan masuk ke dalam tubuh.

Rendang yang sebenarnya tinggi lemak dan protein, akan mengalami perubahan kadar gizi saat dimasak. Karena dimasak lebih lama dari gulai dan kalio, kadar asam amino esensial dalam rendang biasanya minimal. Di sisi lain, persentase lemak adalah yang tertinggi.

Hal ini dikarenakan daging yang mengalami proses pemanasan dalam waktu yang lama menyebabkan terjadinya reaksi antara asam amino (dari protein) dengan gula atau asam amino dengan produk oksidasi lemak. Kondisi ini dikenal sebagai reaksi Maillard.

Reaksi Maillard akan mengubah kualitas makanan, baik dari segi aroma, rasa, warna, tekstur dan komponen gizi. Saat membuat rendang, asam amino esensial seperti lisin dan leusin dalam daging rusak.

Asam amino esensial sendiri merupakan asam amino yang harus dipenuhi untuk kebutuhannya dari makanan yang dikonsumsi setiap hari, karena tidak dapat diproduksi oleh tubuh.

Penurunan kandungan asam amino esensial dari daging mentah ke daging kalium menurun dari 11,42% menjadi 6,20%. Sementara itu, penurunan kadar asam amino esensial dari daging kalium ke daging rendang dapat turun sebesar 17,55% karena proses pemanasan yang lama.

Kesimpulannya, untuk memperlancar proses pencernaan, daging rendang sebenarnya paling baik dibandingkan dengan gulai atau kalio karena konsistensinya lebih mudah dicerna. Namun, dari segi nilai gizi, rendang adalah yang terendah dalam hal asam amino esensial, dibandingkan dengan kari dan kalio.

Sekian artikel resep rendang daging sapi padang,semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencobanya!

tags: , , , , , ,