Cara Membuat Kerupuk Rengginang Nasi

Thursday, September 9th 2021. | Uncategorized

Haii apakabar? alhamadulillah harapannya selalu sehta semuanya. Pada artikel kali ini akan membahas tentang “Cara Membuat Kerupuk Rengginang Nasi”. Nasi daripada dibuang lebih baik dimodifikasi menjadi cemilan, seperti halnya kerupuk. Mau tau caranya? Yuk simak pembahasannya di bawah ini !

Cara Membuat Kerupuk Rengginang Nasi

Apakah Anda memiliki sisa nasi yang masih bisa dimakan? Anda bisa mengubah nasi sisa menjadi camilan yang renyah, gurih dan bikin ketagihan. Ya, Anda bisa membuat rengginang dari nasi sisa di dapur.


adalah jajanan tradisional berbahan dasar nasi yang dikeringkan kemudian digoreng sehingga memiliki rasa yang renyah. Bentuknya bulat dan rasanya enak. Solihin selaku Executive Sauce Chef Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya memberikan tips cara membuat rengginang yang enak, renyah dan tidak keras.

Baca Juga : Cara Membuat Nasi Menjadi Kerupuk Gurih

Bahan – Bahan :

  • Beras
  • 5 siung bawang putih cincang
  • 5 gram terasi yang dihaluskan
  • garam secukupnya

Langkah – Langkah :

  1. Cara Membuat Rengginang Untuk membuat rengginang, yang pertama dilakukan adalah menggiling bawang putih, terasi dan garam, lalu campurkan dengan nasi. Setelah itu jangan lupa dicicipi apakah sudah pas atau belum.
  2. Setelah menghitung rasa, siapkan wadah atau wadah, ambil sedikit adonan beras kira-kira 15 gram atau tergantung selera, lalu bentuk bulat dan haluskan. Jemur di bawah terik matahari sampai benar-benar kering.
  3. Jika memungkinkan, balikkan nasi kering agar semua sisinya kering secara merata. Karena beras menyimpan kandungan air, maka harus dikeringkan sepanjang hari. Selain itu, posisi beras kering harus benar saat dikeringkan. Jika terik matahari, Anda bisa menjemur rengginang mulai pukul 09.00 hingga 15.00. Setelah kering, rengginang siap untuk digoreng. Agar rengginang garing, perhatikan besar kecilnya api saat menggoreng. Pastikan api tidak terlalu panas; panas minyak juga harus dijaga.

Manfaat Rengginang Bagi Kesehatan

Nasi putih ketan berbeda dengan nasi pada umumnya. Setelah menjadi nasi, itu mengubah nasi menjadi ketan.

Di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia, nasi tanah menjadi salah satu makanan yang sering ‘diadaptasi’ di masa sekarang, salah satunya dicampur dengan mangga.
Beras yang juga dikenal sebagai beras anti lengket ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Tidak?
Apa manfaat kesehatan dari nasi putih kecil?
Berbeda dengan nasi hitam berukuran kecil yang biasanya dicampur dengan santan, nasi jenis ini biasanya dimakan kering dengan lauk yang berbeda, manis dan asin (gurih).
Di balik kelezatannya, nasi ini mengandung berbagai manfaat kesehatan yang mungkin tersembunyi.

Nutrisi Tinggi

  • Tidak seperti kebanyakan nasi lainnya, manfaat nasi putih mengandung protein yang cukup.
    Beras bebas gluten mengandung 100 gram, atau dalam satu porsi, berikut nutrisi penting.
  • Kalori: 97
  • Protein: 2,02 gram
  • Lemak: 0,19 gram
  • Karbohidrat: 21,09 gram
  • Serat: 1 gram
  • Gula: 0,05 gram
  • Kalsium: 2 miligram
  • Besi: 0,14 miligram
  • Magnesium: 5 miligram
  • Fosfor: 8 miligram
  • Kalium: 10 miligram
  • Natrium: 5 miligram
  • Seng: 0,41 miligram
  • Mangan: 0,26 miligram
  • Selenium: 5,6 miligram
    Dari kandungan nutrisinya, nasi ini sangat kaya akan mineral yang penting bagi tubuh kita. Padahal, itu bisa menjadi sumber karbohidrat. Tak heran jika banyak yang mengklaim bahwa ketan putih sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Mencegah Penyakit


  • Manfaat nasi putih bertubuh kecil dari ini berasal dari berbagai nutrisi yang dikandungnya, seperti selenium. Selenium memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit kronis.
    Karena antioksidan dapat menurunkan tingkat stres oksidatif yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Mencegah Diabetes


  • Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Nutrition & Diabetes Journal, manfaat nasi putih untuk diabetes dua kali sehari selama 8 minggu membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Mencegah Peradangan


  • Manfaat nasi putih memiliki banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh. Kandungan seng dan berbagai vitamin B dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mengurangi peradangan dan menghilangkan stres.

Meningkatkan Kepadatan Tulang


  • Manfaat nasi putih berasal dari kandungan mineral terutama kalsium. Mineral ini akan membantu Anda menjaga kepadatan tulang untuk mencegah osteoporosis.
    Jangan bercanda, dalam 100 gram ada sekitar 2 miligram kalsium yang siap menjaga kesehatan tulang Anda.
    Dengan cara ini, lebih mudah untuk mencegah osteoporosis seiring bertambahnya usia

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat nasi putih ini ada karena kandungan lemak dan kolesterolnya sangat sedikit. Inilah sebabnya mengapa banyak penderita penyakit jantung mengonsumsi makanan ini untuk menjaga kesehatan jantung.
Selain itu, ketan putih juga aman untuk penderita darah tinggi dan obesitas (kegemukan

Meningkatkan Metabolissme Tubuh

Kebanyakan vitamin B putih sebenarnya sangat “terkait” dengan metabolisme tubuh. Proses penciptaan enzim, stabilitas hormonal dan proses metabolisme lainnya dengan demikian dipertahankan. Peringatan sebelum makan nasi putih
Beras ini dipercaya menyehatkan. Namun, jika tidak dikonsumsi dengan benar, justru bisa menendang balik dan menyebabkan kerusakan.

Selain itu, ketan putih juga menyebabkan kenaikan gula darah. Ini karena indeks glikemiknya cukup tinggi. Berapa indeks glikemik nasi putih?
Pada skala 0 sampai 100, indeks glikemik nasi putih adalah 86. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa indeks glikemiknya relatif tinggi. Suatu makanan dikatakan memiliki indeks glikemik yang tinggi jika berada di atas 70.


Selain itu, penelitian dari Universitas Dhurakij Pundit di Thailand juga menemukan bahwa nasi tanah liat meningkatkan kadar gula darah lebih dari nasi putih biasa.
Gula darah Anda akan naik jika Anda menambahkan ketan putih ke dalam gula. Misalnya, jajanan Thailand yang populer juga di Indonesia, ketan mangga (campuran ketan putih dan mangga).


Mangga merupakan buah yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Namun sayangnya, camilan lezat ini seringkali mengandung tambahan gula yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.


Jika jarang dikonsumsi, ketan mangga tidak akan menimbulkan masalah. Tetapi jika Anda kecanduan dan memiliki camilan yang dimakan secara teratur, kadar gula darah Anda berisiko.
Jadi jangan terlalu banyak mengkonsumsi ketan putih dengan tambahan gula atau santan. Karena hal tersebut justru dapat membahayakan kesehatan Anda.


Juga, nasi tanah liat putih sayangnya bukan pilihan yang cocok. Karena kalori ketan putih cukup tinggi, yaitu 169 kkal dalam 1 gelas. Untuk ini Anda bisa mencoba nasi merah. Beras merah telah terbukti membantu menurunkan berat badan dan lemak darah.

Jadi dari artikel diatas kita tau bahwa nasi biasa menjadi cemilan apapun termasuk menjadi rengginang sekalipun ataupun kerupuk. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba !

tags: , , , ,