Cara Buat Pizza Roti Tawar dengan Oven

Tuesday, September 14th 2021. | Uncategorized

Pada artikel ini, saya akan membahas cara buat pizza roti tawar dengan oven. Cara membuatnya sangat sederhana dan mudah yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Yuk simak artikel berikut ini!

Manfaat Roti Tawar Bagi Kesehatan

Cara Buat Pizza Roti Tawar dengan Oven

Memang dapat dianggap roti tawar telah sering dijumpai sebagai sarapan wajib yang ternyata juga mempunyai manfaat. Berikut ini merupakan manfaat roti tawar.

1. Menambah Energi Pada Saat Beraktivitas

Sudah dijelaskan bahwa roti tawar sangat baik dikonsumsi bagi masyarakat karena terdapat karbohidrat yang dapat menambah energi pada saat beraktivitas.

Dengan mengkonsumsi makanan ini membuat perut menjadi lebih kenyang sampai siang hari. Disini alangkah baiknya kamu harus mencegah rasa lapar yang kamu rasakan. Lalu jangan makan roti berlebihan karena bisa membuat kadar karbohdirat semakin tinggi. Cukup dengan 4 Lapis roti tawar saja.

2. Terdapat Serat

Serat pada roti tawar ini sangat berfungsi dalam masalah pencernaan sehingga sistem pencernaan dapat menjadi lebih sehat. Jadi bukan hanya menambah energi saja namun dapat melancarkan sistem pencernaan setiap harinya.

Tetapi disini kamu harus mempunyai roti tawar dengan seksama dengan komposisi dari roti tersebut. Ada juga roti tawar yang tidak mengandung serat di dalamnya. Jadi disini kamu harus mencukupi kebutuhan tubuh karena membutuhkan gizi yang diperlukan.

3. Bisa Mengatasi Terjadinya Kapalan

Selain mengandung kandungan yang bermanfaat, ternyata roti tawar dapat kamu gunakan untuk mengobati masalah kulit. Disini pernah terdapat catatan bahwa, kamu tinggal merendam roti tawar ke dalam air cuka setelah itu taruh ke bagian kaki yang mengalami kapalan selama semalaman agar kapalan hilang dairi kaki kamu.

4. Terdapat Kalsium Bagi KesehatanTulang

Makanan yang sehat ini ternyata mempunyai kandungan kalsium yang sangat cukup dalam menjaga kesehatan tulang dan dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Buat kalian yang menginginkan tulang sehat tetap terjaga, makan kamu harus mempertimbangkan dalam mengkonsumsi roti tawar dalam sehari-hari.

Bahaya Roti Tawar Jika Sering Dikonsumsi

1. Cepat Membuat Tubuh Lapar

Roti tawar putih mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi. Selain itu, makanan ini juga memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi.

Karena roti tawar putih itu indeks glikemiknya tinggi, jadi setelah makan itu kenyangnya tidak terlalu lama. Selain membuat tubuh menjadi cepat lapar, indeks glikemik tinggi juga dapat mendorong nafsu makan berlebih.

2. Membuat Kadar Gula Darah Naik

Saat makan roti tawar, gula darah cepat meningkat, tapi cepat turun lagi. Jadi, rasa lapar akan cepat muncul juga. Penting untuk diingat, kadar gula darah yang melonjak berisiko menyebabkan kamu terkena penyakit diabetes tipe 2.

3. Menyebabkan Sembelit

Roti tawar putih mengandung serat rendah. Bila hanya mengandalkan konsumsi roti tawar sebagai makanan sehari-hari, tubuh kamu akan mengalami kekurangan serat. Dampaknya, sistem pencernaan bisa terganggu dan kamu dapt mengalami sembelit.

4. Memicu Gejala Depresi

Menurut penelitian yang dilansir dari Science Alert, ada hubungan antara konsumsi roti tawar putih dengan gejala depresi pascamenopause. Indeks glikemik roti tawar putih yang tinggi diduga dapat memicu efek samping gejala depresi.

Lalu, gejala depresi diduga disebabkan karena adanya karbohidrat rafinasi di dalam roti tawar putih. Tetapi, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk mengetahui hubungan pasti antara roti tawar putih dan depresi.

5. Meningkatkan Berat Badan

Terlalu sering makan roti tawar dapat mengakibatkan asupan gula dalam tubuh dalam jumlah berlebih. Umumnya, gula akan digunakan oleh tubuh sebagai energi.

Tetapi jika dikonsumsi berlebihan, gula akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Kebanyakan kandungan lemak di dalam tubuh bisa menambah berat tubuh.

Cara Membuat

Cara Buat Pizza Roti Tawar dengan Oven

Bahan-bahan

  • 6 lembar roti tawar  yang sudah dikupas.
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong ukuran besar sesuai selera
  • 3 siung bawang putih, memarkan, cincang
  • 100 gr dada ayam, iris tipis
  • 5 buah sosis, iris serong
  • 3 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh garam (optional, secara saus-sausan sudah cukup asin)
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • keju mozarella parut sesuai dengan selera
  • 3 sendok makan saus tomat
  • 3 sendok makan saus sambal
  • 1/4 sendok teh oregano atau mix herbs jika suka

Cara Buat Pizza Roti Tawar dengan Oven

  1. Potong dadu roti tawar yang sudah disiapkan.
  2. Masukkan dalam wadah, lalu tambahkan telur.
  3. Aduk hingga merata. Masukkan semua ke dalam teflon, beri saus sambal/saus tomat, lalu ratakan.
  4. Iris tipis sosis, susun di atas roti tawar yang sudah ada dalam teflon.
  5. Beri mayonnaise, tambahkan keju, lalu taburkan oregano.
  6. Masak dengan api kecil hingga matang.

Tips Memilih Roti Tawar

Cara Buat Pizza Roti Tawar dengan Oven

Dibandingkan dengan roti tawar, roti tawar yang terbuat dari biji-bijian utuh, bekatul atau biji-bijian mengandung lebih banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Roti dari bahan ini lebih banyak mengandung protein, kaya akan serat, mineral, vitamin dan antioksidan, juga rendah lemak dan bebas kolesterol.

Namun, jangan langsung memakan label pada kemasan roti tawar. Karena itu, terbuat dari biji-bijian utuh, Anda perlu melihat lebih dekat bahan-bahannya. Ada beberapa roti tawar yang mengaku terbuat dari biji-bijian utuh, namun sebenarnya menggunakan tepung halus sebagai bahan utamanya.

Beberapa roti putih juga mengandung garam (natrium), yang membantu meningkatkan rasa dan kontrol ragi. Rata-rata, setiap lembar roti tawar mengandung 200 mg sodium. Perhatikan jumlah roti putih yang Anda makan, karena batas tertinggi yang disarankan untuk asupan natrium adalah 1800 mg per hari.

Selain itu, jika roti putih dikonsumsi terlalu banyak, meskipun rendah kalori, tubuh tetap akan menerima kalori ekstra, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan berbagai konsekuensi negatif.

Gunakan roti tawar dengan bijak dan jangan berlebihan. Pilih roti tawar yang menurut Anda bahannya terbaik. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, konsultasikan dengan ahli gizi sebelum menggunakannya.

Sekian artikel cara buat pizza roti tawar dengan oven, semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencobannya!

tags: , , , ,